√Contoh Soal Peluang Dan Pembahasan Lengkap Lengkap Kuncinya

belajar-soal-matematika.blogspot.com akan memberikan beberapa contoh soal peluang disertai dengan pembahasannya, sebelum mempelajari contoh soal ini silahkan baca dulu ringkasan materi matematika peluang yang sebelumnya sudah saya postingkan.

Contoh Soal Peluang dan Pembahasannya


a. Tentukan ruang sampel dari percobaan-percobaan berikut.
  1. Melempar sebuah dadu.
  2. Melempar tiga keping uang logam sekaligus.
  3. Melempar dua buah dadu sekaligus.
a.1 Ruang sampel percobaan melempar sebuah dadu Hasil yang mungkin muncul dari pelemparan sebuah dadu adalah muka dadu bertitik 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Jadi, ruang sampelnya adalah S = {1, 2, 3, 4, 5, 6} a.2 Ruang sampel percobaan melempar 3 keping uang logam, untuk mempermudah menentukan ruang sampel kita akan menggunakan diagram pohon seperti gambar berikut : Contoh Soal Peluang - diagram pohon
Jadi, didapat ruang sampelnya adalah S = {AAA, AAG, AGA, AGG, GAA, GAG, GGA, GGG}.










a.3 Ruang sampel pelemparan dua dadu sekaligus, penggunaan tabel seperti dibawah ini akan mempermudah kalian menentukan ruang sampelnya :



dari tabel disamping maka didapat ruang sampelnya adalah S = {(1, 1), (1, 2), (1, 3), ... (6, 6)}



itulah beberapa contoh soal peluang dan pembahasannya lengkap, jika ingin mendapatkan contoh lagi yang lebih banyak silahkan download contoh soalnya disini.
sekian dulu selamat belajar dan terus semangat.
Oke pembaca belajar-soal-matematika.blogspot.com mari kita lanjut materi statistika matematikanya pada sub pokok bahan yang ketiga yaitu ukuran penyebaran data. Dalam pokok bahasan ini kita akan membahas mengenai jangkuan dan kwartil.
1. Jangkauan Jangkauan adalah selisih datum terbesar dengan datum terkecil. Jangkauan biasanya dilambangkan dengan huruf J. seperti halnya mencari median dalam sub pokok bahasan kedua, untuk mencari jangkauan suatu data kita juga diwajibkan ( kalo nggak dilakukan berarti dosa ^_^ ) untuk mengurutkan datanya terlebih dahulu.
langsung saja ke contoh soal mengenai jangkuan ya : Tentukan jangkauan dari data berikut. a. 26, 40, 18, 25, 16, 45, 30 b. 15, 15, 15, 15, 15 Jawab: a. Urutkan data terlebih dahulu. 16, 18, 25, 26, 30, 40, 45 Datum terkecil Datum terbesar J = datum terbesar – datum terkecil = 45 – 16 = 29 Jadi, jangkauan data tersebut adalah 29. b. dari data kedua didapat jangkauannya NOL (0)? Coba kamu jelaskan alasannya. tulis di komen yah 2. Kuartil Kuartil suatu data dapat diperoleh dengan membagi data terurut menjadi 4 bagian sama besar. Kuartil terdiri atas tiga macam, yaitu:
a. kuartil bawah
b. kuartil tengah/median
c. kuartil atas
Jika suatu data dilambangkan dengan garis lurus, letak kuartil bawah, kuartil tengah, dan kuartil atasnya adalah sebagai berikut
untuk lebih jelasnya mengenai kuartil silahkan perhatikan gambar ilustrasi berikut :
Statistika Matematika - Ukuran Penyebaran Data - kuartil yah segitu dulu ya maaf belum bisa ngasih contoh, soalnya mau pergi nih. Kalo ada yang belum jelas silahkan tanya saja di kolom komentar insyaAllah saya jawab. terima kasih sampai jumpa di lain artikel.

untuk melihat sub pokok bahasan lainnya silahkan menuju ke posting utama kesini
STATISTIKA MATEMATIKA Mari kita lanjut pelajaran statistika matematikanya kali ini pada sub pokok bahan 2 yaitu ukuran pemusatan data, dimana dalam sub pokok bahasan ini berhubungan dengan : mean, modus dan median, mari kita uraikan satu persatu :

1. Mean Mean atau rata-rata merupakan salah satu ukuran pemusatan data, secara mudahnya yang disebut dengan mean adalah jumlah seluruh dantum dibagi dengan banyaknya dantum. mean biasanya dilambangkan dengan huruf kecil diatasnya. jika dituliskan dengan rumus maka menjadi :
Ukuran Pemusatan Data - rumus mean 2. Modus Dalam 10 kali ulangan statistika matematika, Ucok memperoleh 6 kali nilai 8. dan yang lainnya mendapat nilai 7, 4, 6, 7. didalam statistika matematika nilai yang sering muncul inilah yang disebut dengan modus. Modus bisa saja tidak hanya satu dan bahkan bisa saja dalam suatu rangkaian nilai tidak ada modusnya karena semua data/nilai berbeda semua tidak ada yang sama.
kesimpulannya kumpulan nilai ucok dalam ulangan statistika matematika tersebut adalah angka 8, karena angka 8 lah yang sering muncul yaitu sebanyak 6 kali dalam sepuluh ulangan. 3. Median yang disebut dengan median adalah nilai tengah suatu data yang sudah diurutkan. gimana sudah jelaskan...? jadi median adalah membagi dantum menjadi 2 bagian sama banyak dan kemudian dicari nilai yang berada ditengahnya.
untuk lebih jelasnya mengenai median silahkan lihat contoh berikut :
contoh 1 materi statistika - median Tentukan median dari data berikut. 9, 7, 5, 6, 6, 8, 7 Jawab: Urutkanlah datanya terlebih dahulu. 5, 6, 6, 7 , 7, 8, 9 karena jumlah dantumnya ganjil yaitu ada 7 dantum maka mediannya yaitu nilai ke-4. jadi di dapat median dari sekumpulan nilai tersebut adalah 6
contoh 2 materi statistika - median berikut adalah nilai budi dalam ulangan statistika matematika selama 8 kali : 7, 7, 10, 8, 6, 6, 7, 8. Tentukan median nilai-nilai budi tersebut.. Jawab: seperti biasanya sebelum kita mencari median kita harus mengurutkan datanya terlebih dahulu. 6, 6, 7, 7, 7, 8 8, 10 (banyak datum = 8 (genap)). karena jumlah dantumnya genap ( 8 ) maka median atau nilai tengahnya yaitu jumlah nilai ke-4 dan ke-5 dibagi 2, yaitu 7 + 7 = 14 dibagi 2 = 7 jadi didapat median dari nilai budi yaitu 7
untuk melihat sub pokok bahasan lainnya silahkan menuju ke posting utama kesini
STATISTIKA MATEMATIKA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√Contoh Soal Peluang Dan Pembahasan Lengkap Lengkap Kuncinya"

Posting Komentar