√Rumus Vektor Satuan Dan Panjang Vektor Matematika Lengkap Kuncinya

Rumus Vektor Satuan dan Panjang Vektor Matematika


Rumus Vektor Matematika – Sebelum membahas terlebih dalam tentang Rumus Vektor Satuan Matematika dan Rumus Panjang Vektor Matematika, ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu apa itu Vektor Matematika yang sering muncul di Soal – Soal Ujian Sekolah dan Soal – Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Adapun untuk Pengertian Vektor Matematika itu sendiri ialah Segmen Garis Berarah yg memiliki Besaran dan untuk Besaran Vektor merupakan Besaran yang memiliki Nilai dan memiliki Arah, untuk Contoh Vektor bisa terdapat didalam Kecepatan, Gaya, Percepatan, Momen, Berat dan lain lain. Sedangkan Skalar Vektor ialah Suatu Besaran yg tak mempunyai Arah misalnya ada di dalam Panjang, Luas, Suhu, Jarak dan lain lain.

Lalu didalam Rumus Vektor Matematika yang perlu kalian ketahui atau paling tidak dipahami secara lebih dalam antara lain Rumus Panjang Vektor, Rumus Vektor Satuan, Rumus Penjumlahan Vektor dan Rumus Pengurangan Vektor dengan Skalar. Hal ini dikarenakan Rumus – Rumus Vektor Matematika tersebut sangatlah sering muncul di Soal – Soal Ujian Sekolah dan Soal – Soal Ujian Nasional tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas).

Sehingga akan sangat bijak bagi kalian sebagai pengunjung dan pembaca di Situs Blog Rumus – Rumus yang notabenya sebagai Siswa Siswi Angkatan SMA (Sekolah Menengah Atas) untuk mengetahui ataupun memahami salah satu Pelajaran Matematika Vektor ini. Tujuannya tentu untuk bisa memahami Rumus Vektor Matematika agar kalian bisa dan dapat mengerjakan Soal – Soal Vektor Matematika yang nantinya muncul di Soal – Soal Ujian Sekolah dan Ujian Nasional.

Rumus Vektor Satuan Matematika dan Contoh Soal

Pengertian Vektor Satuan Matematika ialah suatu Vektor yg besarnya sama dg satu dan tidak memiliki satuan dengan Fungsi untuk menunjukan Suatu Arah didalam Ruang. Lalu sebuah Satuan Vektor yang ada didalam Ruang mempunyai Tiga Komponen yang antara lain Komponen Sumbu x, Sumbu y dan Sumbu z. Untuk Rumus Vektor Satuan dan Contoh Soal Vektor Satuan Matematika bisa kalian lihat dibawah ini :


rumus vektor satuan matematika

Rumus Panjang Vektor Matematika

rumus panjang vektor matematika

Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Vektor Matematika

rumus penjumlahan dan pengurangan vektor

Itulah Rumus – Rumus Vektor Satuan, Panjang Vektor, Penjumlahan dan Pengurangan Vektor Matematika yang bisa saya tuliskan didalam Laman Blog Rumus – Rumus ini. Semoga saja Rumus Vektor Matematika tersebut bisa mudah dipahami dan berguna bagi kalian para pengunjung dan pembaca yang notabenya Siswa Siswi tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sebelum mengakhiri tulisan ini perlu kalian ingatkan bahwa di jaman yang sudah semakin Modern dan Canggih seperti sekarang ini, kita sudah sangat dimanjakan oleh kemajuan teknologi karena kita sebagai Manusia bisa belajar banyak hal di Internet (Dunia Maya) dan kalian sebagai Pelajar berbagai tingkatan baik Pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa bisa dengan mudah belajar apa pun di Internet karena Google selalu Search Engine Terbesar sudah memberikan dan menyediakan informasi apa saja yang kita butuhkan termasuk tentang Rumus Vektor Matematika dan berbagai Rumus Matematika yang lain.


Rumus Perkalian dan Pembagian Excel Secara Lengkap


Rumus Perkalian dan Pembagian Excel – Pengertian Microsoft Excel adalah salah satu Program Lembar Kerja Spreadsheet yang dibuat oleh Perusahaan Multi Nasional Amerika Serikat Microsoft Corporation di tahun 1982 silam dan sampai sekarang ini pun Program Kerja Spreadsheet ini masih sering digunakan oleh berbagai Pihak, khusus di Tanah Air sendiri masih banyak sekali Masyarakat berbagai Golongan baik itu Pelajar, Mahasiswa, Masyarakat Umum dan Pekerja yang menggunakan Microsoft Excel untuk mendukung dan memudahkan kegiatan dan pekerjaan mereka.

Apalagi Kelebihan Microsoft Excel ini dapat digunakan di berbagai macam Komputer dengan Operasi Sistem Windows Microsoft dan Operasi Sistem Mac OS yang semakin memudahkan para pengguna untuk memakai Program Spreadsheet Microsoft Excel ini karena kita sudah mengetahui bahwa Komputer ataupun Laptop yang ada di Indonesia itu kebanyakan memakai Operasi Sistem Windows (XP, Vista, Seven, Eight) dan Operasi Sistem Mac OS. Keunggulan Microsoft Excel didalamnya telah ada Formula, Fungsi dan Rumus Excel yang semakin memberikan memudahkan para pengguna dalam menyelesaikan Permasalahan Administrasi, Keuangan, Perencanaan dan Hitung Menghitung yang lain.

Kemudian untuk Rumus Perkalian dan Pembagian Excel ini merupakan salah satu Rumus Excel Dasar yang sering digunakan dan dicari oleh para pengguna dan pemakai Microsoft Excel karena didalam Hitung Menghitung tentunya tidak terlepas dari Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian. Oleh karena itu sekarang ini saya akan membuat Artikel tentang Rumus Perkalian dan Pembagian Microsoft Excel kepada kalian para pembaca, karena tentu diluar sana terdapat pembaca yang membutuhkan informasi seperti ini dan semoga saja apa yang dituliskan saya dapat berguna bagi kalian.

Rumus Perkalian Microsoft Excel Secara Lengkap

rumus perkalian dan pembagian excel

Didalam Rumus Perkalian Excel terdapat Dua Cara Perkalian Excel yang dapat kalian gunakan saat menghitung Soal – Soal ataupun Perhitungan Perkalian didalam Program Microsoft Excel. Cara Pertama ialah menggunakan Operator Asterisk (*), sebagai contoh jika terdapat Perhitungan Perkalian Data Cell A2 dengan Data Cell B2 maka penyelesaian Rumus Perkalian Excelnya seperti ini ” =A2*B2 ”.


Lalu Cara Kedua Rumus Excel Perkalian ialah menggunakan Fungsi Formula PRODUCT dan untuk pemakaian didalam Soal Perhitungan Microsoft Excel jika terdapat Data Cell A2 yang dikalikan dengan Data Cell B2 maka rumus nya seperti ini ” =product(A2:B2) ”. Mungkin ada baiknya jika kalian melihat Contoh Soal Perkalian Microsoft Excel dibawah ini yang telah secara langsung diterapkan didalam Program Microsoft Excel.

rumus perkalian microsoft excel pertama

Contoh Soal Perkalian Microsoft Excel diatas telah menggunakan Rumus Perkalian Excel Pertama karena telah menggunakan Operator Asterisk (*) untuk mengkalian Data Cell A Baris 2 yang mempunyai Nilai 100 dikalian dengan Data Cell B Baris 2 yang mempunyai Nilai 5 sehingga di dalam Kolom Cell Excel C Baris 2 yang ditulis Rumus Perkalian Excel =A2*B2, ketika di ENTER maka Kolom C Baris 2 menghasilkan Nilai 500 hasil dari perkalian 100 x 5 = 500.

rumus perkalian excel kedua

Sedangkan Contoh Gambar Soal Perkalian Excel diatas telah menggunakan Rumus Perkalian di dalam Excel memakai Cara Kedua karena telah memakai Fungsi Formula PRODUCT dalam mengkalikan Data Cell A Baris 2 yang mempunyai nilai 10 dengan Data Cell B Baris 2 yang mampunyai nilai 2 dan dikalian dengan Data Cell C Baris 2 yang mempunyai 1 sehingga didalam Kolom Cell Excel D Baris 2 yang dituliskan Rumus Perkalian Excel Kedua seperti, ” =product(A2:C2) maka saat di ENTER akan mengeluarkan hasil perkalian sebesar 20, yang ditemukan berdasarkan perkalian nilai 10 (Kolom A Baris 2) x 2 (Kolom B Baris 2) x 1 (Kolom C Baris 2) = 20.

Rumus Pembagian Microsoft Excel dan Contoh Soal

Kemudian didalam Rumus Pembagian Excel hanya mempunyai satu cara saja yakni hanya bisa menggunakan Operator Slash (/) dalam menyelesaikan Perhitungan – Perhitungan Pembagian didalam Program Microsoft Excel karena didalam Rumus Pembagian Excel tidak ada Fungsi Formula yang bisa digunakan. Mungkin bisa langsung lihat Contoh Gambar Soal Pembagian Excel dibawah ini, yang tentunya sudah saya buat secara langsung didalam Program Microsoft Excel.

rumus pembagian microsoft excel pertama

Contoh Soal Pembagian Excel diatas penjelasannya seperti ini bahwa Nilai Data Cell A Baris 2 yang mempunyai Nilai 100 dibagi dengan Nilai Data Cell B Baris 2 yang mempunyai Nilai 5 dan Rumus Pembagian Microsoft Excel nya ditulis didalam Kolom Cell Excel C Baris 2 dengan Rumus ” =A2/B2 ” sehingga ketika di tekan ENTER maka akan otomatis keluar Nilai 20 yang merupakan hasil dari nilai 100 (Nilai Kolom A Baris 2) / 5 (Nilai Kolom B Baris 2).

Mungkin hanya seperti itu pembahasan tentang Rumus Perkalian dan Pembagian Excel di dalam artikel ini dan semoga saja ulasan yang sederhana ini dapat berguna maupun bermanfaat bagi kalian para pembaca karena sekali lagi Rumus Excel Dasar Perkalian dan Pembagian ini sering digunakan dan dibutuhkan bagi para pengguna Microsoft Excel, khususnya para Pengguna (Masyarakat) Pekerja, Guru, Pelajar dan Mahasiswa Mahasiswi.


Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Excel Terlengkap


Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Excel – Sebelum membahas secara lebih lengkap tentang Kedua Rumus Microsoft Excel Dasar ini, sudah sangat bijak sekali jika kalian sebagai pembaca untuk mengetahui secara lebih dalam tentang Program Microsoft Excel yang dibuat oleh Bill Gates ini. Adapun untuk Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah Program Aplikasi Lembar Kerja (Spreadsheet) yang dibuat pertama kali di tahun 1982 oleh Perusahaan Multinasional Amerika Serikat yang bernama Microsoft Corporation yang didirikan oleh Bill Gates.

Perlu kalian ketahui bahwa sampai sekarang ini pun Microsoft Excel merupakan Program Spreadsheet yang paling banyak digunakan oleh banyak pihak, khususnya di Indonesia. Apalagi Program Microsoft Excel yang sudah bisa diakses atau digunakan di Perangkat Komputer Berbasis Operasi Sistem Windows dan Operasi Sistem Macintosh sehingga sangat memudahkan para pengguna untuk memakai Program Spreadsheet Microsoft Excel untuk menyelesaikan Permasalahan – Permasalahan di bidang Administrasi, Keuangan dan Bidang lainnya.

Sedangkan untuk Macam Rumus Microsoft Excel sebenarnya ada banyak sekali, namun untuk Rumus Penjumlahan Excel dan Rumus Pengurangan Excel merupakan salah satu Rumus Dasar Excel yang sering dan banyak dicari oleh kalangan pengguna khususnya Masyarakat Indonesia karena didalam Masalah – Masalah mereka terkait Administrasi, Keuangan dan Perhitungan yang lain tentunya tidak lepas dari Penjumlahan dan Pengurangan. Oleh sebab itu disini saya akan mencoba untuk menulis dan menjelaskan tentang Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Microsoft Excel, semoga saja tulisan ini bermanfaat dan mudah dipahami oleh para pembaca di Situs Blog Rumus Rumus ini.

Rumus Penjumlahan Excel dan Contoh Soal nya

rumus penjumlahan dan pengurangan excel

Pembahasan yang pertama ada dibagian Rumus Penjumlahan Microsoft Excel yang mempunyai Dua Macam Cara Penjumlahan didalam nya karena untuk Rumus Penjumlahan Excel yang pertama bisa dilakukan dengan menggunakan Operator Plus (+) yang jika ditulis di Microsoft Excel seperti ini ” =A2+B2+C2 ” atau ” =A2+A3+A4 ”. Sedangkan Rumus Penjumlahan Excel Cara Kedua menggunakan Fungsi Formula SUM, yang jika dituliskan di dalam Microsoft Excel seperti ini ” =SUM(A2:C2) ” atau ” =SUM(A2:A4) ”.


Dibawah ini sudah saya buatkan contohnya dalam bentuk Gambar agar kalian bisa lebih mudah memahaminya, baik itu Cara Pertama dan Cara Kedua Penjumlahan didalam Microsoft Excel.

rumus penjumlahan microsoft excel

Gambar diatas merupakan Contoh Soal Rumus Penjumlahan Memakai Cara Pertama karena Penjumlahannya memakai Operator Plus (+) saat menghitung Nilai Kolom A Baris 2 + Nilai Kolom B Baris 2 + Nilai Kolom C Baris 2 yang dituliskan rumusnya di Kolom D Baris 2 seperti ini. ” =A2+B2+C2 ” lalu tekan ENTER, maka akan muncul Nilai 150 di Kolom D Baris 2 tersebut.

Namun Cara Pertama ini mempunyai Kelemahan karena jika Data (Nilai) A1 yang dijumlahkan sampai A100 maka harus menuliskan sampai seratus, contohnya ” =A1+A2+A3+A4+A5 …. +A100 ” sehingga sangat kurang efesien dan efektif jika menjumlahkan Data (Nilai) yang banyak menggunakan Cara Pertama ini. Oleh karena itu jika akan menjumlahkan Nilai (Data) yang banyak didalam Microsoft Excel maka sangat disarankan untuk memakai Cara Kedua Rumus Penjumlahan Excel, seperti di gambar dibawah ini.

rumus excel penjumlahan

Gambar diatas merupakan Contoh Soal Rumus Penjumlahan Memakai Cara Kedua karena Penjumlahannya memakai Fungsi Formula SUM saat menghitung Nilai Kolom A Baris 2 + Nilai Kolom B Baris 2 yang dituliskan rumusnya di Kolom C Baris 2 seperti ini. ” =SUM(A2:B2) ” lalu tekan ENTER, maka akan muncul Nilai 150 di Kolom C Baris 2 tersebut.

Lalu Kelebihan Rumus Penjumlahan Excel memakai Formula SUM akan sangat efektif dan Efesien jika digunakan untuk menjumlahan Nilai (Data) yang banyak, sebagai contoh jika menjumlahkan Data (Nilai) A1 – A100 maka penulisan Rumusnya cukup =SUM(A1:A100), tekan enter maka sudah muncul Jumlah Penjumlahan Nilai A1 sampai A100.

Rumus Pengurangan Excel dan Contoh Soal nya

Kemudian didalam Rumus Pengurangan Microsoft Excel hanya mempunyai Satu Cara yakni menggunakan Operasi Pengurangan (-) karena tidak ada cara yang memakai Fungsi Formula seperti SUM pada Penjumlahan Excel. Oleh karena itu Rumus Pengurangan Excel lebih mudah untuk dipahami, hanya saja lebih ribet dan kurang efektif jika kalian mengurangi Data (Nilai) dalam jumlah yang banyak seperti mengurangi Data (Nilai) A1 sampai A100 karena ditulis =A1-A2-A3-A4 …. -A100.

rumus pengurangan microsoft excel

Gambar diatas merupakan Contoh Soal Rumus Pengurangan Memakai Operator Pengurangan (-) dan didalam Kolom E Baris 2 yang mempunyai Nilai 30 merupakan hasil pengurangan dari Kolom A Baris 2 – Kolom B Baris 2 – Kolom D Baris 2 yang ditulis dengan Rumus Pengurangan di Kolom E Baris 2 seperti ini ” =A2-B2-C2 ”, maka saat di ENTER akan keluar Nilai Jumlah Pengurangan 30 di Kolom E Baris 2.

Seperti itu lah penjelasan tentang Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Excel yang bisa saya berikan kepada kalian para pembaca dan semoga saja ulasan Rumus Dasar Microsoft Excel tersebut bisa dapat dipahami dengan mudah serta bermanfaat bagi para pembacanya karena sekali lagi kedua rumus tersebut sangatlah sering dicari dan sering digunakan oleh para pengguna Microsoft Excel.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√Rumus Vektor Satuan Dan Panjang Vektor Matematika Lengkap Kuncinya"

Posting Komentar