√Cara Menghitung Perkalian Pecahan Campuran Lengkap Kuncinya

Artikel Kali ini tentang cara menghitung perkalian pecahan campuran, Seperti hukum operasi bilangan lainnya kalo ditempat saya biasanya disebut dengan pipolanda. ada yang tau maksud dari wejangan tersebut? pipolando merupakan konsep rumus matematika sederhana yang artinya ping poro lan sudo ( dalam bahasa jawa) kalo dalam bahasa indonesia biasanya operasi bilangan campuran dapat dejelaskan pada anak-anak dengan kata "KABATAKU" yaitu KAli, Bagi, TAmbah KUrang.

Maksud dari KABATAKU adalah jika ada operasi campuran maka perkalian dikerjakan lebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan pembagian seterusnya penambahan dan pengurangan. konsep yang perlu diajarkan pada anak sehingga anak-anak tau mana yang harus lebih dulu dikerjakan.
Karena judul artikel cara menghitung perkalian pecahan campuran maka kali ini hanya saya berikan untuk yang operasi perkalian saja, sebelum menuju ke operasi perkalian pecahan campuran ada baiknya kita kilas balik dulu untuk :

operasi perkalian pecahan biasa

Perkalian adalah pejumlahan yang berulang, untuk jelasnya silahkan lihat contoh berikut : 2 x 4 dibaca dua kali empat, untuk mudahnya kalian baca empat sebanyak dua kali yaitu 4 + 4 = 8 4 x 2 dua sebanyak empat kali 2 + 2 + 2 + 2 = 8 dalam perkalian berlaku sifat komutatif dimana yang dimaksud dengan sifat komutatif adalah dapat dibalik-balik, jadi nilai 2 x 4 sama dengan nilai 4 x 2.

operasi perkalian pecahan decimal/desimal


perhatikan gambar berikut : cara menghitung perkalian pecahan desimal






Kalian dapat mengalikan pecahan desimal tersebut secara langsung tanpa mengubahnya kedalam bentuk pecahan biasa, tapi untuk lebih mudahnya lebih baik kalian ubah dulu ya kedalam bentuk pecahan biasa. apa bila dibelakang koma ada 1 angka berarti bilangan tersebut dibagi oleh sepuluh apabila ada 2 angka dibelakang koma berati dibagi dengan seratus begitu seterusnya. untuk mengalikannya tinggal kalian kalikan bagian atas ( pembilang ) dengan bagian atas juga (pembilang dan kalikan bagian bawa ( penyebut ) dengan penyebut juga dan terakhir tinggal kalian ubah lagi dalam bentuk desimal

Operasi Perkalian Pecahan Campuran

cara menghitung perkalian pecahan campuran Silahkan kalian perhatikan operasi pecahan campuran disamping silahkan kalian pahami sendiri apabila ada pertanyaan silahkan isikan pada kolom komentar dibawah.

sekian dulu dari saya dengan artikel cara menghitung perkalian pecahan campuran semoga dapat bermanfaat buat kalian semua. Artis juga masih bergelut dengan dunia pendidikan yach, karena yang namanya pendidikan walaupun orang tua anda paling kaya tetap harus menjalani proses pendidikan seutuhnya.

Artikel kali ini sekedar untuk informasi ringan yang semoga dapat membantu meringankan kepenatan kalian yang sedang memikirkan matematika hehehe, santai saja karena ternyata Personel Coboy Junior mempunya permasalahan dengan mata pelajaran matematika.

Menurut kiki " pelajaran matematika memang yang paling sulit"
matematika coboy junior
"Yang paling susah, ya menurut aku sih matematika," ucap Kiki, semalam saat ditemui di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta. Menurutnya, untuk bisa menjawab persoalan-persoalan matematika harus memahami rumus-rumus matematika, bukannya menghapal.

"Matematika itu bukan untuk dihapal, tapi bagaimana cara kita memahaminya.‬ Sebenarnya asalkan kita mau belajar kita pasti bisa," lanjutnya. Namun, salah satu personel cobaoy junior itu, enggan menyebut nilai yang diperoleh untuk mata pelajaran matematika.

Bastian kemudian tertawa mendengarkan pernyataan Kiki. Tampaknya, ia juga tidak jauh beda dengan temannya yaitu juga punya masalah serupa terhadap pelajaran matematika.

Baginya pelajaran favoritnya adalah pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjaskes). "Penjaskes pokoknya nomor satu," ucap Bastian.

Yang jelas, semua personel Coboy Junior memiliki tugas utama, yaitu belajar. Meskipun, mereka sudah sibuk dengan segudang rutinitas di dunia entertainment yang mempopulerkan namanya. "Kami boleh berkarya dan juga bersenang-senang. Tapi kami harus tetap fokus belajar. Bagaimanapun sibuknya kegiatan kami, ya harus tetap selalu fokus belajar," tegas Kiki.

Yach itulah sedikit artikel untuk merefres otak kita yang saya lansir dari tribunnewsdotcom. Tetaplah semangat untuk belajar karena negri kita membutuhkan kalian semua. Sukses selalu, amiin.

Baca juga berita matematika berikut :

  • cerdas tidak selalu matematika
  • Ternyata Tumbuhan Jago Matematika
  • Rumus Matematika senilai Rp. 9,8 Milyar
Kali ini akan saya share artikel tentang Rumus Matematika SMA Kelas 10 terbaru yach, kenapa saya beri judul yang terbaru karena semua rumus ini berdasarkan kurikulum 2013 yang notabenenya terbaru untuk saat ini ( saat saya posting artikel ini) kan masih 2013 juga -_-

Saya tidak akan memberikan ringkasan pada anda baik Rumus Eksponen, Rumus Logaritma, Rumus Persamaan Kuadrat, Rumus Fungsi Kuadrat, Rumus Pers & Pertidaksamaan, Rumus Logika, Rumus Trigonometri, Rumus Bangun Ruang, atau lain sebagainya karena yang saya inginkan anda mau membaca dan meringkan materi-materi ataupun rumus dengan cara sendiri.
Untuk lebih meningkatkan kepekaan anda dalam memahami dan menghafalkan rumus-rumus matematika itulah alasan saya mengapa tidak saya share begitu saja. Janganlah menjadi siswa yang manja jangan hanya mengandalkan guru anda jangan hanya mengandalkan rumus-rumus praktis.
Biasanya ketika anda hanya mengandalkan rumus praktis otak anda tidak berkembang. Otak anda hanya nerima jadi tidak tau bagaimana proses mendapatkan rumus matematika SMA.
Laterus dimana saya bisa membaca materi matematika terbaru yang sesuai dengan kurikulum 2013. silahkan anda baca disini http://belajar-soal-matematika.blogspot.com/2013/08/bse-materi-matematika-sma-kelas-x.html setelah anda membacanya silahkan anda buat ringkasan sendiri meski didalam BSE tersebut sudah ada ringkasannya.
Kenapa harus meringkas sendiri? padahal ringkasannya sudah disediakan? sekali lagi saya tekankan kalian harus memahami proses itu sendiri agar kalian bisa memahami dengan baik tidak hanya hari ini anda menghafal dan besok lupa lagi.
Tidak ada Kecerdasan yang Bisa Kalian Peroleh Secara Instans.
SELAMAT BELAJAR. GANBATE !!!! -_-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√Cara Menghitung Perkalian Pecahan Campuran Lengkap Kuncinya"

Posting Komentar