Artikel kali ini tentang matematika dasar kelas 6 hubungan antar satuan Waktu, Satuan Luas dan Satuan Volum
Hubungan antar satuan waktu (detik, menit, dan jam) sebagai berikut.
1 jam = 60 menit = 3.600 detik
1 menit = 60 detik
Nah sekarang kalian tentukan berapa detik dalam 1 jam .....?
Untuk materi selengkapnya tentang matematika dasar kelas 6 hubungan antar satuan waktu, luas dan volume bisa anda download pada BSE matematika untuk kelas 6 SD
Kali ini akan saya sajikan Rumus-rumus Lingkaran mengenai luas lingkaran dan keliling lingkaran. Sebelum kita membahas mengenai rumus lingkaran ada baiknya kita mengerti nama dari bagian-bagian lingkaran untuk itu silahkan liat gambar dibawah
Nah udah taukan apa itu Juring, tembereng, jari-jari, diameter, busur tali busur dan apotema. kenapa kita harus mengetahuinya ? karena kadang kita disuruh mencari luas lingkaran dengan hanya di ketahui luas juringnya, atau panjang talibusur dan apotema serta luas tembereng.
matematika itu fleksibel dan unik karena dari satu jawaban bisa dibuat seribu persoalan, ini menurut saya sih...... -_-
setelahkalian mengetahui bagian-bagian dari lingkaran mari kita lanjut dengan pembahasan rumus luas lingkaran dan rumus keliling lingkaran untuk itu perhatikan juga gambar berikut :
Dari gambar diatas kita dapat mengetahui bahwa panjang diameter lingkaran sama dengan dua kali panjang jari-jari lingkaran.
Rumus luas lingkaran menggunakan jari-jari lingkaran yaitu phi dikali dengan jari-jari kemudian dikalikan lagi dengan jari-jari
Dan untuk rumus keliling lingkaran yaitu dua kali phi kali jari-jari lingkaran.
Sedang nilai phi yaitu dua puluh dua per tujuh atau desimalnya yaitu tiga koma empat belas (3,14)
bagai mana rumus lingkaran mengunakan diameter lingkaran, perhatikan gambar berikut :
nah semoga dengan gambar disamping bisa menjelaskan mengenai rumus luas lingkaran menggunakan diameter. terima kasih sudah berkunjung di blog http://belajar-soal-matematika.blogspot.com
semoga bisa paham memahamkan dan sampai bertemu di artikel matematika selanjutnya
baca juga :
Skala merupakan perbandingan ukuran gambar dengan ukuran asli / sebenarnya. Perhatikan Rumus skala berikut :
Skala = Ukuran model : ukuran sebenarnya
Contoh
sebuah Peta digambarkan dengan skala 1 : 500000 cm
Hitung jarak sebenarnya jika diketahui jarak antara kota A dan B digambarkan dengan panjang 2 cm pada peta?
Jawab
rumus Jarak sebenarnya = Skala x jarak kota A dan B
jadi Jarak sebenarnya = 500000 x 2 = 1000000 cm
Karena yang diminta jarak sesungguhnya maka kita dijadikan km sehingga nilainya 10 km.
Rumus Aljabar
Coba kita ingat-ingat ketika kita awal mengenal aljabar. Saat itu mungkin kita sedang duduk dikelas 1 SMP. Aljabar...? Apakah geranganyang terjadi dengan aljabar he he eh? Selama kita belajar di tingkat SD, sangat sedikit sekali atau tidak pernah mengenal aljabar.
Padahal kita telah mengetahui bahwa aljabar merupakan salah satu cabang ( he he he kayak olah raga saja ada cabangnya ) dari matematika yang menurut saya sangat penting.
Karena itu kita harus terus melakukan inovasi agar kita dapat mengenalkan aljabar dengan cara menyenangkan pada anak-anak agar dapat diterima dengan baik. Agar terasa lebih menarik, aljabar kita kenalkan sebagai kesatuan yang utuh dengan aritmetika dan geometri.
Mari kita bermain dengan rumus-rumus dasar aljabar. Ini lah rumus-rumus paling populer ketika berkenalan dengan aljabar:
(x+y).(x+y) = x.(x+y) + y(x+y)
= x^2 + xy + xy + y^2
= x^2 + 2xy + y^2
Para siswa pemula, biasanya mengharapkan hasil akhir operasi aljabar tersebut hanya berupa dua suku:
x^2 + y^2
Tapi yang benar terdiri dari tiga suku:
x^2 + 2xy + y^2
Berikut merupakan rumus aljabar yang juga terkenal dan hasil akhir dari rumus tersebut terdiri dari dua suku:
(x+y).(x-y) = x.(x-y) + y.(x-y)
= x^2 – xy + xy – y^2
= x^2 – y^2
Mari kita mainkan identitas rumus-rumus aljabar di atas untuk bisa berhitung cepat (aritmetika/aritmatika).
Hitunglah
63^2 – 62^2 = ???
= 125.
Kok bisa ya...?
63^2 – 62^2 = (63 + 62).(63 – 62)
= 125. 1 = 125 (Selesai.)
Contoh:
76^2 – 75^2 = ???
= …. = 151 (Selesai.)
Silahkan kalian cermati caranya:
76^2 – 75^2 = (76+75).(76 – 75)
= 151 (Selesai).
Bagaimana dengan soal berikut:
83^2 – 81^2 = ???
= (83+81)(83-81)
= 164.2 = 328 (Selesai).
Selanjutnya kita coba dengan bentuk-bentuk soal aritmetika yang berbeda:
23 x 17 = ???
= (20 + 3)(20 – 3)
= 20^2 – 3^2
= 400 – 9 = 391 (Selesai).
28 x 32 = ???
= (30 – 2)(30 + 2)
= 900 – 4 = 896 (Selesai).
65 x 75 = ???
= (70 – 5)(70 + 5)
= 4900 – 25 = 4875 (Selesai).
Silakan kalian berlatih dengan soal berikut ….
38 x 42 = …
74 x 66 = …
25 x 35 = …
(Jawab: 875, 4884, 1596).
Selamat bermain dengan matematika yang lebih kreatif…
terimakasih atas kunjungan anda dan selamat mengamalkan ... semangat dan semangat
Satuan Waktu
Satuan waktu, taukan apa itu waktu...? ya kta sering mendengar waktu demi waktu berlalu detik demi deti telah terlewati, ya benar : detik, menit dan jam adalah satuan waktu yang digunakan dalam debit.Hubungan antar satuan waktu (detik, menit, dan jam) sebagai berikut.
1 jam = 60 menit = 3.600 detik
1 menit = 60 detik
Nah sekarang kalian tentukan berapa detik dalam 1 jam .....?
Satuan Luas
Satuan Volume
Untuk materi selengkapnya tentang matematika dasar kelas 6 hubungan antar satuan waktu, luas dan volume bisa anda download pada BSE matematika untuk kelas 6 SD
Kali ini akan saya sajikan Rumus-rumus Lingkaran mengenai luas lingkaran dan keliling lingkaran. Sebelum kita membahas mengenai rumus lingkaran ada baiknya kita mengerti nama dari bagian-bagian lingkaran untuk itu silahkan liat gambar dibawah
Nah udah taukan apa itu Juring, tembereng, jari-jari, diameter, busur tali busur dan apotema. kenapa kita harus mengetahuinya ? karena kadang kita disuruh mencari luas lingkaran dengan hanya di ketahui luas juringnya, atau panjang talibusur dan apotema serta luas tembereng.
matematika itu fleksibel dan unik karena dari satu jawaban bisa dibuat seribu persoalan, ini menurut saya sih...... -_-
setelahkalian mengetahui bagian-bagian dari lingkaran mari kita lanjut dengan pembahasan rumus luas lingkaran dan rumus keliling lingkaran untuk itu perhatikan juga gambar berikut :
Dari gambar diatas kita dapat mengetahui bahwa panjang diameter lingkaran sama dengan dua kali panjang jari-jari lingkaran.
Rumus luas lingkaran menggunakan jari-jari lingkaran yaitu phi dikali dengan jari-jari kemudian dikalikan lagi dengan jari-jari
Dan untuk rumus keliling lingkaran yaitu dua kali phi kali jari-jari lingkaran.
Sedang nilai phi yaitu dua puluh dua per tujuh atau desimalnya yaitu tiga koma empat belas (3,14)
bagai mana rumus lingkaran mengunakan diameter lingkaran, perhatikan gambar berikut :
nah semoga dengan gambar disamping bisa menjelaskan mengenai rumus luas lingkaran menggunakan diameter. terima kasih sudah berkunjung di blog http://belajar-soal-matematika.blogspot.com
semoga bisa paham memahamkan dan sampai bertemu di artikel matematika selanjutnya
baca juga :
- konsep rumus mencari luas dalam matematika
- Rumus Matematika Bangun Ruang LENGKAP
- Rumus mencari Luas permukaan tabung
Skala merupakan perbandingan ukuran gambar dengan ukuran asli / sebenarnya. Perhatikan Rumus skala berikut :
Skala = Ukuran model : ukuran sebenarnya
Contoh
sebuah Peta digambarkan dengan skala 1 : 500000 cm
Hitung jarak sebenarnya jika diketahui jarak antara kota A dan B digambarkan dengan panjang 2 cm pada peta?
Jawab
rumus Jarak sebenarnya = Skala x jarak kota A dan B
jadi Jarak sebenarnya = 500000 x 2 = 1000000 cm
Karena yang diminta jarak sesungguhnya maka kita dijadikan km sehingga nilainya 10 km.
Rumus Aljabar
Coba kita ingat-ingat ketika kita awal mengenal aljabar. Saat itu mungkin kita sedang duduk dikelas 1 SMP. Aljabar...? Apakah geranganyang terjadi dengan aljabar he he eh? Selama kita belajar di tingkat SD, sangat sedikit sekali atau tidak pernah mengenal aljabar.
Padahal kita telah mengetahui bahwa aljabar merupakan salah satu cabang ( he he he kayak olah raga saja ada cabangnya ) dari matematika yang menurut saya sangat penting.
Karena itu kita harus terus melakukan inovasi agar kita dapat mengenalkan aljabar dengan cara menyenangkan pada anak-anak agar dapat diterima dengan baik. Agar terasa lebih menarik, aljabar kita kenalkan sebagai kesatuan yang utuh dengan aritmetika dan geometri.
Mari kita bermain dengan rumus-rumus dasar aljabar. Ini lah rumus-rumus paling populer ketika berkenalan dengan aljabar:
(x+y).(x+y) = x.(x+y) + y(x+y)
= x^2 + xy + xy + y^2
= x^2 + 2xy + y^2
Para siswa pemula, biasanya mengharapkan hasil akhir operasi aljabar tersebut hanya berupa dua suku:
x^2 + y^2
Tapi yang benar terdiri dari tiga suku:
x^2 + 2xy + y^2
Berikut merupakan rumus aljabar yang juga terkenal dan hasil akhir dari rumus tersebut terdiri dari dua suku:
(x+y).(x-y) = x.(x-y) + y.(x-y)
= x^2 – xy + xy – y^2
= x^2 – y^2
Mari kita mainkan identitas rumus-rumus aljabar di atas untuk bisa berhitung cepat (aritmetika/aritmatika).
Hitunglah
63^2 – 62^2 = ???
= 125.
Kok bisa ya...?
63^2 – 62^2 = (63 + 62).(63 – 62)
= 125. 1 = 125 (Selesai.)
Contoh:
76^2 – 75^2 = ???
= …. = 151 (Selesai.)
Silahkan kalian cermati caranya:
76^2 – 75^2 = (76+75).(76 – 75)
= 151 (Selesai).
Bagaimana dengan soal berikut:
83^2 – 81^2 = ???
= (83+81)(83-81)
= 164.2 = 328 (Selesai).
Selanjutnya kita coba dengan bentuk-bentuk soal aritmetika yang berbeda:
23 x 17 = ???
= (20 + 3)(20 – 3)
= 20^2 – 3^2
= 400 – 9 = 391 (Selesai).
28 x 32 = ???
= (30 – 2)(30 + 2)
= 900 – 4 = 896 (Selesai).
65 x 75 = ???
= (70 – 5)(70 + 5)
= 4900 – 25 = 4875 (Selesai).
Silakan kalian berlatih dengan soal berikut ….
38 x 42 = …
74 x 66 = …
25 x 35 = …
(Jawab: 875, 4884, 1596).
Selamat bermain dengan matematika yang lebih kreatif…
terimakasih atas kunjungan anda dan selamat mengamalkan ... semangat dan semangat
0 Response to "√Matematika Dasar Kelas 6 Hubungan Antar Satuan Lengkap Kuncinya"
Posting Komentar