√Cara Menghitung Rumus Luas Jajar Genjang Lengkap Kuncinya

Cara Menghitung Rumus Luas Jajar Genjang


Rumus Luas Jajar Genjang – Pengertian Jajar Genjang atau Jajaran Genjang ialah Bangun Datar yang mempunyai sifat dua dimensi dan terbentuk oleh dua pasang rusuk yg masing – masing rusuk sama panjang dan sejajar dg pasanganya dan memiliki dua pasang sudut yg mempunyai besaran sama dg sudut hadapanya serta Jajar Genjang atau Jajaran Genjang dg empat rusuk yg sama panjang biasanya disebut dg Belah Ketupat

Namun jika anda melihat secara sikilas dari bentuk Jajar Genjang ini maka mirip dg Trapesium dan tidak sedikit orang atau siswa yg terkecoh karena mereka tidak melihatnya secara teliti dan detail padahal bentuk dari Jajar Genjang sangatlah jauh berbeda dg bentuk Trapesium.

Untuk itu disinii kami akan menjelaskan dan memberiikan Gambar Jajar Genjang dan Rumus Jajaran Genjang secara lengkap dan detail sehingga bisa menjadi penambahan ilmu yg bermanfaat oleh anda semuanya karena Rumus Jajar Genjang ini biasanya sering digunakan di tingkat SMP maupun SMA karena banyak soal yg muncul terkait Bangun Datar ini di tingkatan tersebut.

Penjelasan Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang

penjelasan rumus jajar genjang terlengkap

Rumus Jajar Genjang atau Rumus Jajaran Genjang mempunyai dua turunan Rumus Matematika yang dibagi antara Mencari Luas Jajar Genjang dan Menghitung Keliling Jajar Genjang karena jika kita lihat gambar diatas maka dari huruf ABCD merupakan keliling Jajaran Genjang dan langsung saja kita akan terjun membahas tentang Cara Mencari Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang.


Cara Mencari Rumus Luas Jajar Genjang

Rumus Luas Jajaran Genjang sangatlah mudah dan simple karena hanya Alas x Tinggi sehingga jika di terapkan dalam rumus akan menghasilkan Rumus Luas Jajar Genjang seperti dibawah ini.

Luas = Alas x Tinggi.

Cara Mencari Rumus keliling Jajar Genjang

Sedangkan untuk mencari Rumus Keliling Jajaran Genjang sedikit agak rumit karena kita harus mencari jumlah Sisi Miring nya namun jika kita sudah mengetahui dan memahami maka akan terasa mudah. Rumus Menghitung Keliling Jajar Genjang seperti dibawah ini.

Keliling = 2 (Alas + Sisi Miring)

Contoh Soal Matematika Jajar Genjang

1. Sebuah gambar jajar genjang memiliki panjang suatu sisi miring sebesar 5 satuan, panjang allas sebesar 20 satuan & tinggi sebesar 4 satuan. Berapakah Panjang Keliling Jajar Genjang tersebut dan Berapakah Luas Jajar Genjang nya ?

Jawab.

Alas (a) : 5 satuan, sisi miring (m) : 20 Satuan dan tinggi (t) : 4 Satuan

Keliling : 2 x (Alas x Sisi Miring)

K : 2 (5 + 20 ) : 2. 25 = 50 Satuan

Luas Jajar Genjang = Alas x Tinggi

L = 5 x 4 : 20 Satuan²

Sampai Dissini pembahasan dari kamii tentang Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang yg sudah kami lengkapi pula dg contoh soalnya sehingga kami harap memudahkan anda dlm memahami Rumus Matematika Jajar Genjang ini.


Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang


Rumus Persegi Panjang – Untuk Pengertian Bangun Datar Persegi Panjang ialah Bangun Datar yang mempunyai sifat dua dimensi dan dibentuk oleh dua pasang Rusuk yg panjang dan saling sejajar dg pasanganya serta memiliki empat buah macam sudut yg semuanya adalah sudut siku – siku. Kemudian untuk Rusuk yg paling panjang disebut dg nama Panjang (p) dan Rusuk yang paling pendek dinamai sebagai Lebar (∫).

Rumus Menghitung Persegi Panjang ini biasanya digunakan untuk menyelesaikan masalah Soal – Soal Matematika Persegi Panjang yg biasanya muncul di tingkat sekolah SMP maupun SMA dan walaupun Cara Menghitung Rumus Persegi Panjang itu sangat lah mudah dan simple tetapi jika anda tidak mengetahui Rumus dan penjelasanya maka Soal yg anda kerjakan akan terasa sulit dan susah.

Untuk itu disini kami akan menjelaskan secara jelas dan lengkap kepada anda terkait Rumus Persegi Panjang karena Rumus Bangun Datar Persegi Panjang ini sebenarnya sangat simple dan sangat mudah sekali untuk dipahami dan dihafalkan oleh anda, baik anda yg masih duduk di tingkat SD dan SMP ataupun SMA.

Cara Mencari Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang

penjelasan rumus persegi panjang terlengkap

Rumus Persegi Panjang sendiri mempunyai tiga turunan Rumus yg satu sama lain saling berhubungan dan ketiga Rumus Matematika tersebut antara lain Rumus Keliling Persegi Panjang, Rumus Luas Persegi Panjang dan Rumus Panjang Diagonal Persegi Panjang.


Rumus Luas Persegi Panjang

Cara Menghitung Rumus Luas Persegi Panjang dapat dg cara Luas = Panjang x Lebar dan Panjang dan Lebarnya sendiri bisa dilihat dari Rusuk Terpanjang dan Rusuk Terpendeknya ( seperti pada gambar diatas). Rumus Menghitung Luas Persegi Panjang bisa disingkat seperti dibawah ini.

L = p.l

Rumus Keliling Persegi Panjang

Sedangkan untuk Cara Menghitung Rumus Keliling Persegi Panjang dapat dilakukan dg menggunakan rumus Keliling = 2. (Panjang + Lebar) atau Rumus Mencari Keliling Persegi Panjang bila disingkat seperti dibawah ini.

K = 2. (p + l)

Rumus Panjang Diagonal

Kemudian untuk Cara Menghitung Rumus Panjang Diagonal bisa dilakukan dg cara atau rumus seperti dibawah ini

d = \sqrt{p^2 + l^2}

Contoh Soal Matematika Persegi Panjang

1. Hitunglah Jumlah Keliling dan Luas persegi Panjang jika ukuran gambar mempunyai Panjang sebesar 18 cm dan Lebar sebesar 12 cm

Jawabnya.

Diket : P = 18 Cm dan l = 12 cm

maka mencari Keliling

K = 2. (p + l)

K = 2. (18 + 12)

K = 2. (30) = 60 cm

Sedangkan mencari Luas

L = p.l

L = 18 x 12

L = 216 cm


Penjelasan Rumus Persegi Terlengkap


Rumus Persegi – Pengertian Persegi ialah bangun datar yg memiliki sifat dua dimensi yang dibentuk oleh 4 (Empat) buah Rusuk (a) yg sama panjang dan memiliki empat buah sudut yg semuanya adlh sudut siku – siku. Bangun Datar Persegi ini dahulunya sering disebut dg Bujur Sangkar dan bisa dibilang juga dg sebutan Bangun Segi Empat karena memiliki empat buah sisi.

Rumus Menghitung Persegi atau Rumus Menghitung Segi Empat ini biasanya digunakan untuk sekolah tingkat SMP atau SMA. Walaupun sudah banyak dijelaskan dibuku – buku pelajaran di sekolah namun tak sedikit pula pelajar atau siswa yg belum mengerti atau memahami penjelasan Rumus Persegi atau Rumus Segi Empat ini.

Hal tersebut diakibatkan karena para guru atau pengajar tidak menjelaskan secara rinci Rumus Mencari Persegi tersebut dg lengkap dan jelas kepada siswa – siswa-nya, padahal dari sekian banyak Siswa dan Siswi yg ada tidak semuanya memiliki kemampuan otak yg pintar dan cerdas. Oleh karena itu disini kami akan berusaha menjelaskan tentang Rumus Persegi secara lebih jelas dan lengkap kepada anda.

Kumpulan Rumus Luas, Keliling dan Sisi Persegi

penjelasan rumus persegi terlengkap

Rumus Persegi atau Rumus Bangun Datar dibagi menjadi 3 buah rumus yang masing – masing ialah Rumus Luas Persegi, Rumus Keliling Persegi dan Rumus Sisi Persegi. Hal ini dikarenakan Bangun Persegi hanya memiliki Keliling, Luas dan Sisi nya namun yg sering buat patokan untuk mencari jumlah Keliling Persegi dan Luas Persegi ialah Sisi – Sisinya atau disingkat dg huruf S atau A.


Rumus Menghitung Luas Persegi

Luas = Sisi x Sisi

atau L = s.s atau L = s²

Rumus Menghitung Keliling Persegi

Keliling = 4 x sisi

Atau K = 4.s

Rumus Menghitung Sisi Persegi

Sisi = Keliling / 4

atau s = k/4

Itulah penjelasan dari kami terkait Cara Menghitung dan Mencari Keliling, Luas dan Sisi Persegi atau Rumus Persegi secara lengkap dan jelas kepada anda. Semoga saja penjelasan yg sederhana dari kami ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih sebelumnya dan jika terdapat penulisan yg salah kami memohon maaf kepada anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√Cara Menghitung Rumus Luas Jajar Genjang Lengkap Kuncinya"

Posting Komentar