√Rumus Luas, Keliling Dan Diameter Lingkaran Lengkap Kuncinya

Rumus Luas, Keliling dan Diameter Lingkaran


Rumus Lingkaran – Lingkaran merupakan suatu bentuk bundar seperti Bola yg biasa kita mainkan untuk permainan Sepak Bola, Bola Basket maupun Bola Volli. Tapi tahukah anda bahwa dibalik bentuk Lingkaran yg bundar tersebut mempunyai Rumus Lingkaran yg sangat berguna bagi kehidupan Manusia karena bentuk Bumi yg sebagai penopang kehidupan kita jg berbentuk Bulat atau Lingkar sehingga dg adanya Rumus Matematika Lingkaran ini dapat menghitung luas lingkaran dan keliling lingkaran Bumi.

Namun pengertian Rumus Lingkaran dlm Geometri Euklid adlh suatu Rumus Bangun Datar Lingkaran yg memiliki bentuk dari himpunan semua titik pd bidangnya dlm hal ini titik tersebut bisa kita namakan sebagai Jari – Jari dan dari suatu titik tertentu itu jg terdapat Pusat Lingkaran atau Kurva tertutup sederhana yg dpt membagi bidang menjadi bagian dlm dan bagian luar. Kemudian untuk Elemen2 yg ada didlm Lingkaran yg dpt kami jelaskan antara lain Jari – Jari (R), Tali Busur (TB), Busur (B), Keliling Lingkaran (K), Diameter (D), Apotema  dan Juring (J).

Elemen – eleman tersebut saling berhubungan satu sama lain sehingga dapat menghasilkan Rumus Menghitung Luas Lingkaran, Rumus Menghitung Keliling Lingkaran dan Rumus Menghitung Diameter Lingkaran yg dapat kita pelajari dan pahami seperti dibawah ini karena kami sudah menulis atau membuatkan pemahaman tentang Cara Menghitung Rumus Lingkaran yg lebih detail kpd anda karena dilengkapi dg Contoh Soal Matematika tentang Lingkaran.

Cara Menghitung Rumus Luas, Keliling dan Diameter Lingkaran

penjelasan rumus lingkaran terlengkap dari kami

Bisa anda lihat Gambar Lingkaran diatas bahwa Rumus Lingkaran tidak bisa dipisahkan dg Jari – Jari, Titik Pusat dan Diameter Lingkaran. Oleh karena itu sebelum anda menjawab pertanyaan Soal – Soal Lingkaran yg ada di tingkatan SMP maupun SMA, anda diharuskan melihat berapa jumlah Jari – Jari, Titik Pusat atau Diameter Lingkaran itu terlebih dahulu karena hal itu akan memudahkan anda dlm menjawabnya..


Rumus Luas Lingkaran

Cara Menghitung Rumus Luas Lingkaran bisa anda cari dg rumus L = π.r.r dan penjelasan dari r ialah Jari – Jari Lingkaran yg biasanya ada disetiap Soal – Soal yang membahas tentang Lingkaran serta Rumus π sudah pasti menggunakan angka 3,14 atau bisa anda lihat Rumus Mencari Luas Lingkaran secara jelas seperti dibawah ini.

penjelasan rumus menghitung luas lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran

Sedangkan untuk Cara Menghitung Luas Lingkaran hampir sama dg Rumus Luas Lingkaran hanya saja K = 2.π.r dan perbedaannya terdapat pada jumlah kali r yg dua. Ingat bahwa Rumus Keliling dan Luas Lingkaran hampir sama sehingga anda harus benar – benar dipahami dan dihafalkan secara betul.

penjelasan rumus menghitung keliling lingkaran

Rumus Diameter Lingkaran

Sedangkan untuk Cara Menghitung Rumus Diameter Lingkaran malah terlihat lebih sederhana karena d = 2 x r dan penjelasan lebih lengkapnya bisa anda lihat dibawah ini.

penjelasan rumus menghitung diameter lingkaran

Baiklah setelah anda mengetahui dan memahami Rumus Luas, Keliling dan Diameter Lingkaran maka alangkah baiknya jika anda langsung melihat contoh Soal – Soal Matematika Lingkaran yg bisa anda lihat beserta jawabanya langsung agar anda bisa lebih paham dan maksud akan Rumus Lingkaran ini.

Contoh Soal Matematika Lingkaran

1. Diket Roda berbentuk Lingkaran mempunyai Diameter sebesar 30 cm maka tentukan jumlah Luas Lingkaran dan Keliling Lingkaran yg ada.

Jawaban Mencari Luas Lingkaran

Luas = π.r.r

Luas = 3,14 x 15 x 15 — > ( jari-jari 15 diperoleh dari d = 30/2 = 15)

Luas = 3,14 x 225 = 707 cm²

Jawaban Mencari Keliling Lingkaran

Keliling = 2.π.r

K = 2. 22/7.15

K = 30 x 22/7

K= 660 / 7 = 95 cm


Rumus Menghitung Luas dan Keliling Layang – Layang


Rumus Layang – Layang – Bentuk Layang – Layang merupakan salah satu bentuk Bangun Datar yg sangat familiar untuk kalangan orang karena Bentuk Layang – Layang ini biasa digunakan untuk arena bermain Layang – Layang. Namun jika dilihat Pengertian Bangun Datar Layang – Layang menurut Gemetri ialah Bangun dua dimensi yg dibentuk oleh dua pasang rusuk yg masing2 pasanganya sama panjang dan saling membentuk sudut.

Sedangkan untuk Rumus Layang – Layang biassa-nya digunakan untuk menyelesaikan Soal – Soal Matematika yg ada di tingkatan SMP maupun SMA dan parahnya walaupun Rumus Bangun Datar Layang – Layang ini sangat simple dan mudah tetapi banyak Siswa maupun Siswi yg kesulitan untuk menjawab Soal Matematika Layang – Layang tersebut.

Hal tersebut mungkin karena mereka belum maksud atas penjelasan yg diutarakan oleh para Gurunya atau mereka biasanya lupa akan Rumus Luas Layang – Layang atau Rumus Keliling Layang – Layang yg diterapkan di Soal. Untuk itu disini kami akan membahas lebih dalam tentang Rumus Layang – Layang ini sehingga anda bisa belajar lagi dg mudah dan nyaman tanpa terkendala oleh waktu.

Rumus Layang – Layang Mencari Luas dan Keliling

penjelasan rumus layang - layang terlengkap

Sebelum menuju ke Rumus Matematika Layang – Layang simak terlebih dahulu gambar diatas karena penjelasan ini aada kaitanya dg Rumus Luas Layang dan Rumus Keliling yg akan kita berikan dan jelaskan kepada anda. Gambar Layang – Layang diatas mempunyai dua Diagonal yg antara lain Diagonal Vertikal (d2) dan Diagonal Horizontal (d1), kemudian sissi sisi-nya bisa diambil rumus s1 dan s2 yg pastinya mempunyai panjang yg sama.


Rumus Luas Layang – Layang

Luas : ½ x d1 x d2

Memang Rumus Menghitung Luas Layang – Layang semudh dan sesimple itu dan yg dimaksud dg d1 ialah Diagonal Horizontal dan d2 ialah Diagonal Vertikal (Lihat Gambar diatas).

Rumus Keliling Layang – Layang

Keliling : 2 x ( S1 + S2 )

Penjelasan Rumus Menghitung Keliling Layang – Layang diatas ialah 2 kali (Sisi 1 + Sisi 2 ) seperti gambar diatas tadi.

Contoh Soal Matematika Layang – Layang

1. Sebuah Layang – Layang mempunyai panjang d1 sebesar 15 cm dan d2 nya sebesar 20 cm. Hitunglah Luas Layang – Layang tersebut.

Jawaban.

L = ½ x d1 x d2

L = ½ x 15 x 20

L = ½ x 300 : 150.

Mungkin seperti itu penjelasan yg dapat kami berikan kepada anda tentang Rumus Layang – Layang dan semoga tulisan yg sederhana ini dpt bermanfaat untuk kalian. Namun jikka anda kurang paham & ingin mempertanyakan sesuatu tentang Rumus Bangun Datar Layang – Layang ini bisa anda tulis komentar di bawah artikel ini.


Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium


Rumus Trapesium – Rumus Matematika Trapesium merupakan termasuk kedalam Bangun Datar yg memiliki sifat dua dimensi dan mempunyai empat buah Rusuk yang dua diantaranya bisa saling sejajar namun dlm bentuknya tidak sama panjang. Trapesium bisa dibilang masuk kedalam jenis Bangun Datar Segi Empat dan Siku – Siku Trapesium merupakan Rusuk dari tiga yg tegak lurus terhadap Rusuk lainya yg sejajar.

Sebelum kita lebih jauh menjelaskan tentang Rumus Trapesium ini ada baiknya jika kami menjelaskan terlebih dahulu dari Jenis – Jenis Trapesium karena Trapesium dibagi menjadi tiga jenis yang antara lain sebagai berikut Trapesium Sembarang yaitu Trapesium yg keempat rusuknya tidak sama panjang, sedangkan Trapesium Sama Kaki ialah Trapesium yg mempunyai sepasang rusuk yg sama panjang dan yg terakhir ialah Trapesium Siku – Siku.

Namun dari tiga jenis Trapesium diatas tersebut tidak banyak ada perubahan untuk masalah Rumus Matematika Trapesium ‘nya karena yg terpenting ialah Cara Menghitung Rumus Luas Trapesium dan Rumus Keliling Trapesium. Nah untuk mellihat lebih jellas tentang penjelasan Rumus Trapesium tersebut sudah kami buat dibawah ini yg sdh dilengkapi dg Contoh Soal Trapesium nya.

Menghitung Rumus Luas Trapesium dan Rumus Keliling Trapesium

rumus trapesium mencari luas dan keliling gambar

 


Gambar diatas merupakan ketiga Jenis Trapesium yg sudah kami jelaskan dan Rumus Bangun Datar Trapesium mempunyai turunan Rumus Matematika lainnya seperti Rumus Menghitung Luas Trapesium dan Rumus Menghitung Keliling Trapesium, kedua Rumus Trapesium tersebut tentunya mempunyai aturan dan bentuk Rumus yg berbeda satu sama lain.

Rumus Luas Trapesium

Luas = ½ x Jumlah Rusuk Sejajar x Tinggi

Penjelasan Menghitung Rumus Luas Trapesium diatas ialah jumlah rusuk yang sejajar merupakan sisi yg salling berhadapan dan jika ditarik garis lurus sisi tidak akan pernah bisa dipottong. Sedangkan Jumlaah Rusuk Sejajar Tersebut dikali Tinggi Trapesium dan dibagi 2.

Rumus Keliling Trapesium

Lalu caara untuuk Rumus Menghitung Keliling Trapesium bisa dilihat seperti dibawah inni.

Keliling = AB + BC + CD + DA

Contoh Soal Matematika Trapesium

1. Sebuah Gambar Trapesium memiliki suatu panjang Sisi – Sisi yg sejajar 5 cm dan 20 cm serta mempunyai tinggi 5 cm. Maka carilah Luas Trapesium tersebut ?

Jawab

Luas = ½ x Jumlah Rusuk Sejajar x Tinggi

Luas = ½ x (a1 + a2) x t

Luas = ½ x (5 cm + 20 cm) x 5 cm

Luas = ½ x 100 x 5

Luas = 250 cm

Penjelasan Rumus Trapesium diatas mungkin cukup sekian karena Rumus Bangun Datar Trapesium menurut saya masih mudah untuk dipahami dan di hafalkan oleh anda sehingga semoga saja anda bisa mengerjakan jika terdapat Soal Trapesium yg menghampiri anda di sekolahan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√Rumus Luas, Keliling Dan Diameter Lingkaran Lengkap Kuncinya"

Posting Komentar