√Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup Yang Benar Lengkap Kuncinya

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup Yang Benar


Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup – Pengertian Alat Ukur Mikrometer ialah salah satu Alat Ukur yang mempunyai fungsi untuk mengukur satuan panjang suatu benda dengan tingkat ketelitian sampai 0.01 mm dan biasanya Alat Ukur Mikrometer Sekrup ini digunakan untuk menghitung dan mengukur suatu besaran panjang benda, ketebalan benda hingga diameter luar suatu benda sehingga bisa dikatakan bahwa Kegunaan Alat Ukur Mikrometer Sekrup ini sama persis dengan Fungsi Alat Ukur Jangka Sorong hanya saja Perbedaan Mikrometer Sekrup dengan Jangka Sorong terletak didalam besaran ketelitiannya karna Alat Ukur Jangka Sorong memiliki tingkat ketelitian sampai 0.1 mm sedangkan Alat Ukur mempunyai ketelitian sampai 0.01 mm.

Oleh sebab itu Alat Ukur Mikrometer Sekrup mempunyai tingkat ketelitian lebih tinggi 10 kali lipat dibandingkan dengan alat ukur Jangka Sorong sehingga Alat Ukur Mikrometer Sekrup ini sering digunakan oleh para penggunanya untuk mengukur suatu Panjang, Tebal dan Diameter Luar suatu benda. Untuk itu disini saya akan mencoba menjelaskan secara lebih rinci tentang Fungsi Alat Ukur Mikrometer Sekrup dan Cara Menggunakan Alat Ukur Mikrometer Sekrup agar kalian bisa mengenal lebih dalam tentang salah satu Alat Ukur ini karena tak bisa dipungkiri lagi bahwa diluar sana banyak Masyarakat Umum yang membutuhkan Alat Ukur Mikrometer Sekrup untuk menghitung Panjang, Tebal dan Diameter Luar suatu benda.

Adapun didalam Bagian – Bagian Mikrometer Sekrup sendiri terbagi menjadi beberapa Bagian Alat Ukur Mikrometer Sekrup seperti antara lain Bagian Frame atau Bingkai Mikrometer Sekrup yang mempunyai bentuk mirip dengan Huruf C atau Huruf U, Bagian Poros Tetap Mikrometer Sekrup yg biasanya digunakan untuk penahan saat sebuah benda akan diukur menggunakan Mikrometer Sekrup, Bagian Poros Gerak (Poros Geser) Mikrometer Sekrup, Bagian Pengunci Mikrometer Sekrup, Bagian Skala Utama Mikrometer Sekrup, Bagian Skala Putar (Skala Nonius) dan Bagian Ratchet Knob Mikrometer Sekrup yang sama seperti Poros Geser hanya ukurannya lebih kecil. Mungkin kalian bisa melihat Contoh 7 Bagian Mikrometer Sekrup tersebut didalam Gambar Alat Ukur Mikrometer Sekrup yg sudah saya buat dibawah ini.

Fungsi dan Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

cara menggunakan mikrometer sekrup

Sedangkan Fungsi Mikrometer Sekrup yang paling utama ialah untuk mengukur Panjang Benda, mengukur Tebal Benda, mengukur Diameter Benda seperti Diameter Kawat maupun Kabel dan Kedalaman Sebuah Benda dengan ukuran yg cukup kecil seperti Lempeng pada Besi atau Baja serta menghitung Lebar benda dengan tingkat presisi yg tinggi. Lalu Jenis Alat Ukur Mikrometer Sekrup sendiri dibagi menjadi Tiga Jenis Umum yang terbagi antara lain Mikrometer Sekrup Luar yang berfungsi untuk mengukur suatu benda seperti Kawat, Blok – Blok, Batang – Batang dan Lapisan – Lapisan. Jenis Kedua ialah Mikrometer Sekrup Dalam yang berfungsi untuk mengukur sebuah Garis Tengah dari Lubang benda dan Jenis Ketiga ialah Mikrometer Sekrup Kedalaman yang dipakai untuk mengukur kedalaman serta ketinggian sebuah benda.


Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup Yang Benar

Lalu untuk Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup sebenarnya sangat lah mudah dan gampang, mungkin kalian sebagai pembaca perlu melihat Langkah – Langkah dan Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup yang baik dan benar seperti Pastikan Pengunci Alat Ukur Mikrometer Sekrup dlm keadaan yang terbuka, lalu lakukan pengecekan seperti poros tetap dan poros geser bertema dengan Skala dan Skala Nonius Utama menunjukan angka NOL, setelah itu Buka Rahang Mikrometer Sekrup dg menggerakan pemutar ke arah kiri sampai benda bisa masuk ke dlm Rahang Mikrometer Sekrup, lalu Letakkan Benda diantara Poros Tetap dan Poros Geser setelah itu tutup kembali rahang sampai tepat menjepit benda dan Cara Memakai Mikrometer Sekrup yg terakhir putarlah Pengunci Mikrometer Sekrup supaya pemutar tak dapat bergerak lagi.

Mungkin seperti itu saja ulasan lengkap mengenai Fungsi, Bagian, Jenis dan Cara Memakai Mikrometer Sekrup sebagai alat ukur dalam mengukur suatu Panjang Benda, Tebal Benda, Diameter Benda dan mengukur suatu kedalaman sebuah benda yg mempunyai ukuran yang tertentu karena sejatinya menggunakan Alat Ukur Mikrometer Sekrup sangatlah mudah dan sama saja seperti menggunakan Alat Ukur Jangka Sorong, hanya saja Mikrometer Sekrup mempunyai tingkat ketelitian yang lebih tinggi 10 kali lipat yakni sekitar 0.01 mm sedangkan Jangka Sorong hanya memiliki tingkat ketelitian 0.1 mm saja.


Pengertian, Bagian dan Fungsi Jangka Sorong


Fungsi Jangka Sorong – Pembahasan dan Pengertian Jangka Sorong yakni merupakan salah satu Alat Ukur untuk mengukur suatu Panjang Benda, mengukur Diameter Benda, Kedalaman Benda dan mengukur Ketebalan suatu benda dengan tingkat keakuratan dan ketelitian mencapai Seperseratus Milimeter sehingga jika kalian ingin mengukur nilai Panjang, Diameter, Ketebalan dan Kedalaman Benda seperti Pipa, Cincin dan Benda yang bisa diukur oleh Alat Ukur Jangka Sorong dengan tingkat ketelitian mencapai 0.1 maka kalian bisa menggunakan Alat Ukur Jangka Sorong untuk mengukurnya.

Kemudian untuk Bagian – Bagian Jangka Sorong yang perlu kalian ketahui antara lain Bagian Rahang Dalam yang terdiri atas Rahang Tetap dan Rahang Geser, lalu untuk Fungsi Rahang Dalam Jangka Sorong ialah untuk mengukur nilai Sisi Bagian Luar atau mengukur Dimensi Luar suatu Benda seperti misalnya mengukur Lebar dan Tebal suatu Benda Kerja. lalu untuk Bagian Jangka Sorong selanjutnya ialah Bagian Rahang Luar yang terdiri dari Rahang Tetap dan Rahang Geser Jangka Sorong, untuk Fungsi Rahang Luar Alat Ukur Jangka Sorong ini untuk mengukur Sisi Bagian Dalam atau mengukur Diameter Dalam suatu Benda seperti contohnya untuk mengukur Diameter Hasil Pengeboran.

Bagian Alat Ukur Jangka Sorong selanjutnya ialah Pengukur Kedalaman atau Depth Probe yang berguna untuk mengukur nilai Kedalaman suatu benda dan ada lagi Bagian Skala Utama yang diukur dengan satuan Centimeter (cm) yang mempunyai fungsi untuk menyatakan ukuran utama suatu benda yang dihitung dalam bentuk satuan cm (centimeter). Bagian Skala Utama yang mempunyai kegunaan untuk menyatakan ukuran utama suatu benda dalam bentuk satuan Inchi dan Skala nonius yang mempunyai fungsi untuk mengukur Fraksi suatu Benda dalam bentuk Satuan Milimeter (mm) dan Bagian Jangka Sorong yang lain yakni Bagian Pengunci yang mempunyai fungsi untuk menahan atau mengunci bagian2 yg bergerak saat dilakukan proses pengukuran suatu benda.

Kegunaan Jangka Sorong dan Fungsi Jangka Sorong

fungsi jangka sorong

Untuk ulasan Fungsi Alat Ukur Jangka Sorong yang perlu kalian ketahui antara lain Jangka Sorong digunakan untuk mengukur Suatu Benda dengan keakuratan dan ketelitian sampai satu perseratus sehingga jika kalian ingin mengukur Panjang suatu benda secara lebih pasti dan ingin menentukan ukuran Panjang yang tepat didalam Suatu Objek Benda atau barang maka kalian bisa menggunakan Alat Ukur Jangka Sorong, tetapi kalian harus mengetahui Cara Menggunakan Jangka Sorong tersebut karena walaupun Alat Ukur Jangka Sorong tidak terlalu besar ukurannya tetapi mempunyai Bagian – Bagian dengan Fungsi yang berbeda – beda.


Sedangkan Kegunaan Jangka Sorong selanjutnya ialah untuk mengukur Diameter suatu Benda yang berukuran cukup kecil seperti mengukur Diameter Cincin, Diameter Pipa dan Diameter benda yang lainnya. Adapun untuk Cara Memakai Jangka Sorong untuk mengukur Diameter Benda berukuran kecil seperti Cincin dan Pipa ialah Rapatkan Bagian Rahang Atas Jangka Sorong dan tempatkan Benda Cincin dan Pipa yang akan diukur Diameternya, lalu Tarik Rahang Geser sampai kedua rahang menempel dan menekan bagian dalam Benda tersebut dan anda pastikan bahwa dinding bagian dalam benda tersebut tegak lurus dengan Skala (Posisi Benda tidak miring).

Lalu Fungsi Jangka Sorong selanjutnya bisa digunakan untuk mengukur suatu Kedalaman Celah atau Lubang pada sebuah benda dan Cara Menggunakan Alat Ukur Jangka Sorong untuk mengukur Kedalaman Lubang atau Kedalaman Celah suatu benda ialah dengan cara menusukkan atau menancapkan bagian pengukur kedalam Benda yang akan diukur oleh kalian semua. Mungkin seperti itu saja ulasan tentang Fungsi dan Kegunaan Alat Ukur Jangka Sorong yang bisa kami ulasan kepada kalian para pengunjung dan tentunya apa yang sudah kami tulis ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua para siswa siswi dan para pelajar di Indonesia.


Cara Menggunakan Jangka Sorong dan Fungsinya


Cara Menggunakan Jangka Sorong – Pengertian Alat Ukur Jangka Sorong ialah salah satu Alat Ukur yang dapat digunakan untuk mengukur suatu benda dengan tingkat keakuratan secara pasti dan akurat karena Alat Ukur Jangka Sorong memiliki tingkat ketelitian mencapai Seperseratus Milimeter. Adapun Bentuk Jangka Sorong ini mempunyai Dua Buah Bagian Pengukur yakni Bagian Pertama merupakan bagian cembung yang mempunyai fungsi untuk mengukur panjang suatu benda dan untuk Bagian Kedua Jangka Sorong berbentuk Cekung yang mengarah kedalam dengan Fungsi untuk mengukur diameter benda bagian dalam dan Bagian Kedua yang Cekung ini biasanya dinamakan sebagai Bagian Rahang dari Alat Ukur Jangka Sorong.

Untuk Bagian – Bagian Jangka Sorong sebagai Alat Ukur mengukur suatu benda secara lengkap terdiri dari Bagian Rahang Tetap, Bagian Rahang Geser, Bagian Skala Utama, Bagian Tombol Kunci, Bagian Skala Nonius, Bagian Tangkai Ukur Kedalaman dan Bagian Benda yang diukur. Perlu kalian ketahui juga sebagai Siswa dan Siswi dan Masyarakat Umum bahwa pada Bagian Rahang Tetap dan Rahang Geser (Rahang Sorong) ada yang dibawah dan ada yang diatas, lalu Bagian Skala Utama Jangka Sorong mempunyai Skala Dalam dengan Satuan Centimeter (cm) dan Milimeter (mm) serta Bagian Skala Nonius Jangka Sorong mempunyai Panjang 9 Milimeter (mm) yg terbagi menjadi 10 Skala. Mungkin kalian bisa melihat Gambar dibawah ini untuk melihat secara lebih jelas tentang Bagian dan Bentuk Alat ukur Jangka Sorong secara lengkap :

Kemudian untuk Fungsi Jangka Sorong itu sendiri digunakan untuk mengukur Panjang Suatu Benda yang memiliki tingkat ketelitian sampai 0.1 Milimeter (mm), Fungsi Alat Ukur Jangka Sorong Bagian Rahang Tetap dan Rahang Geser Jangka Sorong dapat dipakai untuk mengukur Diameter Bagian Dalam dan Diameter Bagian Luar Suatu Benda dengan ukuran yang cukup kecil seperti mengukur Cincin, Pipa dan lain sebagainya. Lalu untuk Kegunaan Jangka Sorong selanjutnya bisa digunakan untuk Kedalaman Suatu Benda seperti Kedalaman Lubang Kecil, Kedalaman Tabung dan dapat digunakan untuk mengukur Ketebalan suatu Benda sehingga bisa disimpulkan bahwa Kegunaan Alat Ukur Jangka Sorong digunakan untuk mengukur Diameter, Kedalaman dan Ketebalan sebuah Benda.

Cara Menggunakan Jangka Sorong Yang Benar

cara menggunakan jangka sorong

Adapun untuk Cara Memakai Jangka Sorong yang baik dan benar ialah Kendorkan Baut Pengunci dan Geser Bagian Rahang Sorong Bawah nya, lalu pastikan bahwa Bagian Rahang Sorong (Geser) Jangka Sorong dapat berfungsi dengan benar dan pastikan bahwa Hitungan Rahang Geser saat tertutup berada pada Posisi Nol. Cara Menggunakan Alat Ukur Jangka Sorong selanjutnya pastikan anda membersihkan terlebih dahulu Permukaan Benda yang akan diukur menggunakan Jangka Sorong dan pastikan bahwa tidak ada kotoran ataupun debu yang melekat di Benda tersebut. Lalu anda bisa Menutup Kedua Rahang sampai menjepit Benda yang akan diukur oleh kalian dan setelah itu kalian bisa melihat Skala benda tersebut.


Cara Menghitung Diameter Benda Dengan Jangka Sorong

Pembahasan tentang Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk mengukur Diameter Suatu Benda seperti Pipa, Cincin dan Benda lainnya ialah Rapatkan Rahang Bagian Atas dan tempatkan Benda seperti Pipa, Cincin ataupun Benda lainnya yang akan diukur Diameternya oleh kalian. Lalu Geserkan Rahang Geser (Sorong) sampai kedua Bagian Rahang Menempel dan Menekan dibagian dalam suatu Benda serta pastikan oleh kalian bahwa Bagian Dalam Benda jangan sampai miring atau Posisi Bagian Dalam Benda dalam keadaan tegak lurus dengan Skala dan setelah itu hitunglah Ukuran Diameter Benda tersebut.

Cara Mengukur Kedalaman Benda Dengan Jangka Sorong

Lalu untuk Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk mengukur Kedalaman Benda dilakukan dengan cara menempatkan suatu Benda yg akan diukur Kedalamannya oleh kalian didalam Bagian Tangkai Ukur Jangka Sorong. Setelah itu Tarik Bagian Rahang Geser hingga menyentuh permukaan dalam (Dasar Lubang) suatu benda yang sedang diukur oleh kalian dan perlu diperhatikan oleh kalian bahwa Posisi Benda yang sedang diukur kedalamannya oleh anda dalam posisi atau keadaan yang tidak bergeser (Statis).

Cara Membaca Jangka Sorong Yang Benar

Kemudian untuk Cara Membaca Hasil Nilai Jangka Sorong yang baik dan benar bisa kalian lihat penjelasan ini : Lihatlah Bagian Skala Utama Jangka Sorong dan lihatlah Nilai yang terukur dan lurus dengan Angka Nol dibagian Skala Nonius Jangka Sorong dan hasil tersebut bisa menunjukan Posisi Berhimpit dg Garis pd Skala Utama dan bisa juga Tidak Berhimpit dengan Garis pada Skala Utama. Lalu pada tahap ini kalian baru saja menghitung nilai Jangka Sorong dengan tingkat Ketelitian mencapai 1 mm dan untuk Pengukuran dengan tingkat Ketelitian sampai 0.1 mm kalian bisa melihat Bagian Skala Nonius. Lalu carilah angka pada Bagian Skala Nonius yg berhimpit dengan Garis di Skala Utama, baru setelah itu Jumlahkan dan jika kalian mengetahui atau memahami Cara Menggunakan Jangka Sorong pada benda maka kalian akan mendapatkan nilai pengukuran pada benda yang sangat akurat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup Yang Benar Lengkap Kuncinya"

Posting Komentar