√Contoh RPP Pelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013 Lengkap Kuncinya

Contoh RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk tingkat SMP mate pelajaran matematika, kali ini saya bagikan hasil surfing saya di internet tentang contoh RPP yang saya dapatkan.

Pada Kurikulum 2013 ini semua perangkat belajar sebenarnya sudah disediakan namun dalam penyebarannya belum menyeluruh, barangkali untuk para guru yang belum mendapatkan perangkat belajar yang satu ini yaitu rpp matematika khususnya untuk tingkat smp mungkin rpp ini bisa menjadi contoh anda dalam penyusunan rpp anda.

Dan juga berhubung implementasi untuk kurikulum 2013 dilaksanakan secara bertahap mulai dari tahun 2013 sampai 2015 tidak ada salahnya kita mengadopsi rpp milik orang lain yang penting jangan menjiplak 100%.

Namanya juga Rencana Pelaksanaan Belajar masaksih rencana pembelajaran kita sama dengan rencana pembelajaran guru lain kan tidak etis. Tentunya kita mempunyai cara tersendiri dan mempunyai tekhnik ataupun model pembelajaran kesukaan kita.

nah langsung saja unduh file berikut untuk melihat Contoh Rpp Pelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013

itulah sedikit artikel untuk pagi hari ini semoga bermanfaat bagi kita semua. Permainan matematika !!! Mungkin anda pernah mendapat sebuah tebakan dengan pertanyaan seperti berikut “Ada bilangan yang terdiri dari angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. dan kemudian semua bilangan tersebut di masukkan ke dalam kotak persegi yang terbagi dengan sembilan kotak. Bagaimana cara menyusun bilangan tersebut agar diperoleh hasil dari jumlah angka horisontal, vertikal, maupun diagonalnya memiliki nilai yang sama besar .” Pertanyaan ini pernah saya dapatkan sewaktu saya masih di Sekolah Dasar kelas IV.

Pada prinsipnya tebakan matematika seperti ini dapat untuk melatih ketrampilan logika kita dan juga kemampuan dasar aritmetika pada pembelajaran matematika. Untuk itu saya merekomendasikan tebakan matematika ini bisa dijadikan sebagai pengantar dalam pembelajaran matematika atau permainan matematika yang lainnya untuk merangsang anak didik agar lebih berminat dalam mempelajari matematika.

Kembali pada pertanyaan tadi bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut, silahkan perhatika langkah untuk menjawabnya:

permainan matematika dan kotak angka 1 1. Buatlah kotak bantuan seperti yang ditunjukkan gambar dengan garis putus-putus

permainan matematika dan kotak angka 2 2. isikanlah bilangan secara diagonal seperti di tunjukan gambar atau gambar dibawah

permainan matematika dan kotak angka 3 pilahan pengisian kedua
permainan matematika dan kotak angka 4 Langkah ke 3 yaitu tukarkanlah kotak bantuan bagian atas dengan bawah dan kotak bantuan samping kanan dengan samping kiri

permainan matematika dan kotak angka 3 Hasil akhir dari penukaran angka seperti langkah 3
Sekarang kalian jumlahkan angka-angka tersebut secara horisontal vertikal ataupun diogonal apakah memiliki jumlah yang sama besar, selamat menikmati permainan matematika dan kotak angka Materi Program Linear merupakan materi pembelajaran Matematika yang harus diajarkan pada kelas XII SMA/MA baik IPA maupun IPS. Secara umum materi program linear bukanlah materi yang sulit bagi siswa karena materi ini cukup sederhana dan tidak kompleks karena dasar-dasar dari materi program linear ini adalah materi sistem persamaan linear. Secara lengkap materi program linear dapat kalian download di sini.

Namun bagi para guru dalam penyampaian materi program linear ini agak merepotkan karena untuk menjelaskan materi program linear menyita waktu yang cukup banyak dalam menggambar grafik-grafik dalam menentukan nilai optimum dari suatu fungsi menjadi kendala pada umumnya. Kesulitan lain yang biasa dialami yaitu misalnya dalam permasalahan soal yang agak terlalu panjang sehingga saat menentukan model matematikanya juga cukup mengalami kesulitan.






Oleh karena itu sebagai seorang guru matematika, untuk disarankan bisa menggunakan aplikasi geogebra agar pada saat menjelaskan materi program linear guru tidak lagi membuang banyak waktu untuk menggambarkan grafik-grafik nya, anda dapat mengunduh aplikasinya di www.geogebra.org dan untuk bagaimana cara menggunakannya silahkan lihat tutorialnya.






Dan ini saya menemukan satu video dari youtube meski agak buram, yaitu bagaimana cara mencari nilai optimum dengan aplikasi geogebra :

itulah sedikit materi matematika yang bisa saya berikan semoga bermanfaat dan selamat belajar materi program linear dan algebra

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√Contoh RPP Pelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013 Lengkap Kuncinya"

Posting Komentar