Assalamu 'alaikum wr. wb
Malam adik yang pintar. Sudah sholat isya kan? Yuk yang nonton TV dihentikan dulu. Mari belajar bersama kakak. Seperti janji kakak tadi siang akan melanjutkan untuk bedah kisi-kisi UN Matematika SD bab bilangan cacah. Tadi yang kita bahas adalah indikator Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka). Mari kita lanjutkan indikator yang kedua. Untuk indikator kedua ini masih seputar bilangan cacah, tapi kali ini kita kan membahas perkalian dan pembagian bilangan cacah. Tak usah panjang lebar ya kakak memberi pengatar, entar keburu malam. Langsung saja kita ke materi.
Indikator 2 : Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
Contoh soal 1
Hasil pengerjaan dari 135 x 64 : 144 adalah . . . .
a. 60
b. 70
c. 80
d. 90
Pembahasan:
Cara 1
135 x 64 : 144 = . . . .
8.640 : 144 = 60.
Cara 2
Contoh Soal 2
Hasil pengerjaan dari 256 x 36 : 72 adalah….
a. 512
b. 502
c. 138
d. 128
Pembahasan:
Contoh soal 3
Hasil pengerjaan dari 1.344 : 84 x 39 adalah….
a. 504
b. 544
c. 624
d. 634
Pembahasan:
1.344 : 84 x 39 = ....
16 x 39 = 624.
Contoh soal 4
Hasil pengerjaan dari 1.656 : 72 x 47 adalah....
a. 1.081
b. 1.181
c. 1.541
d. 1.551
Pembahasan:
1.656 : 72 x 47 =....
23 x 47 = 1.081
Gampangkan dik materinya.
Saran saja dari kakak untuk soal semacam ini perkalian dan pembagian, alangkah baiknya kita kerjakan terlebih dulu pembagiannya. Agar angka yang dihitung lebih sederhana.
Sudah malem nich. Sampai disini dulu ya dik pembahasan kita mengenai bedah kisi-kisi UN Matematika SD dengan indikator Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya. Kakak harap materi yang kita bahas ini mampu menambah pemahaman adik, dan kakak doakan UN besuk adik nilainya memuaskan dan diterima di sekolah yang diidam-idamkan. Terima kasih.
Wassalamu 'alaikum wr. wb
0 Response to "Kunci Bedah Kisi-Kisi UN Matematika SD Bilangan Cacah 2 "
Posting Komentar