√Tangga Konversi Satuan Lengkap Kuncinya

Kali ini kita akan belajar mengenai tangga konversi, sudah banyak yang tau kan? apa itu tangga konversi, tangga konversi yaitu tingkatan nilai dari satuan. Dibuatnya tangga konversi agar kita mudah untuk mengingat perbandingan nilai antara satu tingkatan dengan tingkatan yang lain. Kali ini akan saya berikan 4 tangga konversi, yaitu :

  1. Tangga konversi satuan panjang
  2. Tangga konversi satuan massa
  3. Tangga konversi satuan luas
  4. Tangga konversi satuan volum

Tangga Konversi Satuan Panjang

tangga konversi satuan panjang tangga konversi satuan panjang

cara mudahnya yaitu ketika setiap turun tangga satu tingkat nilai dikalikan 10 misal: 1 km = 10 hm = 100 dam = 1000 m 1 m = 10 dm = 100 cm = 1000 mm dan ketika setiap naik tangga satu tingkat nilai dibagi dengan 10 misal: 1 m = 0,1 dam = 0,01 hm = 0,001 km 10.000 mm = 1000 cm = 100 dm 1000 m = 1 km

untuk adik-adik sekalian silahkan dicoba dengan nilai-nilai lain misalnya 500 m = ... km atau lain sebagainya sehingga kalian bisa mengerti dan hapal diluar kepala

Tangga Konversi Satuan Massa

Tangga Konversi Satuan Massa/berat Begitu juga dengan satuan massa atau berat dimana jika naik tangga satu tingkat maka nilai dibagi dengan 10 dan apa bila turun tangga nilai dikali dengan 10.
silahkan kalian membuat contoh sendiri seperti contoh satuan panjang diatas agar kalian bisa lebih memahami.
Saya yakin kalian bisa karena matematika itu mudah.

Tangga Konversi Satuan Luas

tangga konversi satuan luas Kalo yang ini sedikit berbeda dengan dua tangga konversi diatas lihat saja didalam gambar, ya benar ada pangkat 2 dibelakang satuan.
kalo yang diatas tadi dikali/dibagi dengan 10 kali ini untuk satuan luas dibagi/dikali dengan 100
jadi untuk setiap turun tangga nilai dikalikan dengan 100 dan untuk setiap naik tangga nilai dibagi dengan 100



Contoh :
1 km2 = 100 hm2 = 10.000 dam2 = 1.000.000 m2 untuk yang tingkat tangga silahkan dibuat lagi contohnya lebih banyak contoh lebih baik, banyak berlatih maka akan lebih membantu anda memahami dengan sendirinya

Tangga Konversi Satuan Volume

Tangga Konversi Satuan Volume nah sampai juga tangga konversi yang terakhir, seperti yang terlihat digambar disamping yang ditunjukkan anak panah, ya benar !!! untuk setiap turun tangga nilai dikalikan dengan 1000 dan jika naik tangga nilai dibagi dengan 1000.
kali ini saya tidak akan memberikan contoh silahkan buat contohnya sendiri jika ragu-ragu contoh yang kalian buat benar atau tidak silahkan tuliskan dikomentar. mari kita bahas bersama.


akhirnya selesai juga, soalnya mata udah berat nih... maklum menulis artikel ini juga pada jam 2.28, wah ternyata udah jam setengah tiga pagi tapi nggak pa pa deh demi belajar-soal matematika.blogspot.com biar berguna bagi kita semua, sampai jumpa dan terima kasih sudah mau berkunjung di artikel Tangga konversi satuan Soal Ujian Akhir Semester 1 SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6, setelah menghadapi ujian tengah semester tentunya adik-adik juga akan menghadapi ujian akhir semester nah artikel berikut akan saya isi dengan beberapa kumpulan soal ujian akhir semester 1 pelajaran matematika untuk anak SD.

Dengan kumpulan soal-soal berikut mudah-mudahan dapat membantu adik-adik semua dalam menghadapi ujian akhir semester, oia disini tidak hanya saya sediakan soal-soal matematikanya saja lho, kunci jawabannyapun sudah saya siapkan. langsung saja silahkan pilih daftar download soal-soal matematikanya.

  • Download Soal UAS Matematika Kelas 1 Semester 1 | Kunci Jawaban
  • Download Soal UAS Matematika Kelas 2 Semester 1 | Kunci Jawaban
  • Download Soal UAS Matematika Kelas 3 Semester 1 | Kunci Jawaban
  • Download Soal UAS Matematika Kelas 4 Semester 1 | Kunci Jawaban
  • Download Soal UAS Matematika Kelas 5 Semester 1 | Kunci Jawaban
  • Download Soal UAS Matematika Kelas 6 Semester 1 | Kunci Jawaban

itulah beberapa soal beserta kunci jawabannya yang saya dapat dari yomendidikdotwordpressdotcom semoga dapat membantu adik-adik semua dalam menghadapi ujian akhir semester 1 nanti khususnya pelajaran matematika.

Sebenarnya didalam buku sekolah elektonik matematika yang sudah saya share juga ada soal-soal matematikanya juga silahkan kalian buka kembali BSE matematikanya lihat soal-soalnya dan coba dikerjakan apabila ada kesulitan silahkan tanyakan kepada kakak kalian, kalo tidak punya kakak saya juga siap membantu kok.

Sampai jumpa di artikel lainnya dan terima kasih sudah mau mampir di artikel Soal Ujian Akhir Semester 1 SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Cara mencari rumus luas trapesium, Kita semua pasti pernah belajar luas trapesium dari mulai sekolah dasar hingga dibangku kuliah atau bahkan ketika menghadapi kehidupan nyata mungkin masih dipakai. Buat kawan-kawan pembaca belajar-soal-matematika.blogspot.com , yang lupa atau ragu-ragu, berikut ini saya coba mengingatkan kembali cara mencari rumus luas trapesium.
rumus mencari luas trapesium sama kakirumus luas trapesium
Luas Trapesium = 1/2 x Jumlah Sisi Sejajar x Tinggi nb : sisi sejajar seperti yang ditunjukkan gambar disamping yang berwarna kuning
jika anda ingin tau cara mencari rumus mencari keliling trapesium itu lebih mudah karena hanya tinggal menambahkan semua sisi trapesium yang berjumlah 4, dan untuk mengetahui rumus mencari tinggi trapesium jika belum diketahui juga sangat mudah anda tinggal menarik garis tegak lurus terhadap alas trapesium kemudian gunakan rumus pythagoras.

Contoh Soal Luas Trapesium
cara mencari rumus luas trapesium lengkap Trapesium


Hitunglah luas trapesium seperti ditunjukan pada gambar disamping






Jawab : L = 1/2 x Jumlah Sisi Sejajar x Tinggi
L = 1/2 x 12 x 8,5
L = 51 cm2
Alternatif jika sobat hitung lupa rumus luas trapesium
Buat kawan yang lupa, mungkin salah satu cara ini bisa digunakan. Pecahlah bangun trapesium tersebut menjadi sebuah persegi panjang dan segitiga
rumus luas trapesium pecah trapesium menjadi 2 bagian
Jadi hitung satu persatu bangun tersebut misal pertama menghitung luas bangun I yaitu segitiga kemudian luas bangun II yang berbentuk persegi/persegi panjang kemudian jumlahkan kedua luasnya.
Luas I = Luas Segi Tiga = 1/2 x alas x tinggi Luas II = Luas Persegi Panjang = P x L
sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat, silahkan tuliskan komen anda mengenai artikel cara mencari rumus luas trapesium

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√Tangga Konversi Satuan Lengkap Kuncinya"

Posting Komentar