√Materi Eksponen Dan Logaritma Kurikulum 2013 Lengkap Kuncinya

Pengalaman belajar yang diharapkan setelah siswa mempelajari materi eksponen dan logaritma berdasar kurikulum 2013 yaitu :

Mengetahu atau siswa dapat menghubungkan sebuah masalah matematika dimana dalam pemecahannya terkait dengan materi eksponen dan logaritma;

Ketika siswa menemui permasalahan siswa diharapkan dapat membentuk model matematika dengan permasalahan yang ada dan berkaitan dengan materi eksponen dan logaritma;

Menyelesaikan model Matematika yang ditemui untuk memperoleh solusi atau jawaban dari permasalahan yang telah diberikan, serta dapat menafsirkan hasil pemecahan masalah didapat;

Membuktikan bermacam-macam sifat yang terkait dengan materi eksponen dan logaritma;

Menuliskan dengan kata-kata yang disusun sendiri sesuai konsep persamaan kuadrat dengan berdasarkan ciri-ciri yang telah dituliskan sebelumnya;

Membuktikan sifat serta aturan matematika yang kaitannya dengan eksponen dan logaritma berdasar konsep yang dimiliki;

Menerapkan berbagai sifat-sifat yang telah dipahami dari materi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah yang dihadapi.

untuk mendapatkan urian materi eksponen dan logaritma untuk kelas x berdasar kurikulum 2013, silahkan dapat anda unduh di link ini. Materi kelas 4 semester 1 mengenal bilangan ribuan
Dari kelas 1 sampai kelas 3, kalian sudah mengenal dengan bilangan satuan yang terdiri dari 1 angka, serta bilangan puluhan yang terdiri dari 2 angka, dan juga bilangan ratusan yang terdiri dari 3 angka. Sekarang, kalian lanjutkan materi selanjutnya untuk mempelajari bilangan yang lebih besar , yaitu bilangan yang terdiri dari 4 angka.

Mengenal Bilangan Ribuan


Coba kamu lihat gambar uang di bawah ini. Kita menyebut uang ini sebagai uang seribuan.
mengenal bilangan ribuan a. Berapakah nilai atau nominal uang tersebut?
b. Ada berapa angka didalam bilangan pada uang tersebut?

Uang trsbt bernilai Rp1.000 dibaca seribu rupiah kita tau ada 4 angka dalam bilangan 1.000

1.000 (Dibaca: seribu)

Bilangan yang terdiri atau tersusun dari 4 angka disebut bilangan ribuan. Nilai tempat dan nilai angka bilangan ribuan dapat ditunjukkan oleh contoh bilangan 1.234 berikut

Bilangan 1.234
Angka Nilai Tempat Nilai Angka
1 ribuan 1.000
2 ratusan 200
3 puluhan 30
4 satuan 4

Bilangan 1.234 dibaca dengan ”seribu dua ratus tiga puluh empat”.

Coba sekarang kamu jumlahkan semua nilai angka pada kolom ketiga tabel. maka akan kamu peroleh bentuk penjumlahan sbb
1.234 = 1.000 + 200 + 30 + 4
Bentuk penjumlahan dari nilai angka disebut bentuk panjang dari suatu bilangan.

Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan


Untuk dapat membandingkan dua bilangan, kalian bandingkan masing2 angka dari kedua bilangan yang mempunyai nilai tempat sama banyak(dimulai dari angka yang paling kiri).
Bandingkan angka ribuan. Jika angka ribuan sama besar, bandingkan angka ratusan. Jika angka ratusan sama besar , bandingkan angka puluhan. Jika angka puluhan sama besar, bandingkan angka satuan. Jika keempat angka sama, maka dua bilangan yang dibandingkan sama nilainya.
Setelah kita dapat membandingkan bilangan, kita dapat mengurutkannya.

Contoh:
Urutkan bilangan 5.235, 6.981, 4.564
Jawab:
Dapat kita bandingkan bahwa:
4.564 < 5.235 < 6.981
Jadi, urutan bilangan-bilangan tersebut adalah 4.564, 5.235, 6.981 Materi matematika operasi hitung bilangan untuk anak SD kelas 4 semester 1

Setelah membaca pada artikel sebelumnya yaitu mengenai sifat asosiatif, sekarang saatnya anda melanjutkan materi tersebut dengan sifat operasi hitung yang ketiga yaitu sifat distributif

Apakah yang dimaksud dengan sifat penyebaran atau distributif itu? Untuk mempermudah kalian dalam mempelajarinya, perhatikan contoh berikut ini. Ema dan Menik pergi kepasar buah membeli jeruk. Mereka masing2 membeli 4 kilogram dan 5 kilogram. Untuk setiap kilogram terdiri 8 buah jeruk.

Berapa banyakny buah jeruk yang mereka beli?
Ayo kita selesaikan permasalahan di atas. Kalian coba menggunakan 2 cara sebagai berikut.
Cara 1: Banyaknya buah jeruk yang telah dibeli Ema dan Menik adalah: 4 kg + 5 kg = 9 kg Setiap kg jeruk terdiri atas 8 buah, maka banyak jeruk yang di beli Ema dan Menik adalah: (4 + 5) × 8 = 9 × 8 = 72 buah
Cara 2: Banyak jeruk yang dibeli Ema = 4 × 8 = 32 buah Banyak jeruk yang dibeli Menik = 5 × 8 = 40 buah
Banyak jeruk yang dibeli Ema dan Menik = 72 buah Jika ditulis menggunakan kalimat matematika menjadi: (4 × 8) + (5 × 8) = 32 + 40 = 72
Kalian bisa lihat hasil dari cara 1 dan cara 2 adalah sama saja. Dari hasil ini dapat kita tuliskan: 8 × (4 + 5) = (8 × 5) + (8 × 4)
Nah, sifat seperti penjelasan diatas yang disebut dengan sifat pengelompokan / sifat distributif. Dari contoh tadi, sifat distributif berlaku pada gabungan operasi perkalian dan penjumlahan.
Selain itu, sifat distributif juga berlaku pada gabungan operasi perkalian dan pengurangan. Kamu dapat membuktikannya dengan mengerjakan operasi berikut ini.

Kolom 1 Kolom 2 9 × (8 – 2) = .... (9 × 8) – (9 × 2) = .... 5 × (4 – 3) = .... (5 × 4) – (5 × 3) = .... 2 × (9 – 7) = .... (2 × 9) – (2 × 7) = .... 4 × (1 – 2) = .... (4 × 1) – (4 × 2) = .... 6 × (7 – 5) = .... (6 × 7) – (6 × 5) = ....

Pasti kamu peroleh jawaban yang sama pada kedua kolom. Sehingga dapat kita simpulkan sifat penyebaran atau sifat distributif sebagai berikut.
a × (b + c) = (a × b) + (a × c) a × (b – c) = (a × b) – (a × c)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√Materi Eksponen Dan Logaritma Kurikulum 2013 Lengkap Kuncinya"

Posting Komentar