Cara menghitung logaritma tidak harus selalu menggunakan kalkulator, persepsi bahwa logaritma harus diselesaikan dengan kalkulator itu tidak benar. Dengan memahami sifat logaritma itu sendiri, menghafal 4 "nilai dasar dari logaritma", dan paham akan metode interpolasi linier, dari sini pencarian nilai logaritma dengan kalkulator tidak menjadi hal yang mustahil.
Contoh Penghitungan Logaritma 1. Hitung nilai dari log 10!
Kita tau nilai log 10 = 1. dengan menggunakan nilai log diatas kita akan membuktikannya
Log 10 = Log (2 . 5)
= Log 2 + Log 5
= 0,301 + 0,699 = 1
2. Hitung nilai dari log 101000 !
101000 = 1000 . Log 10
= 1000 . Log (2 . 5)
= 1000 . (Log 2 + Log 5)
= 1000 . (0,301 + 0,699) = 1000
Log 42 = Log (2 . 3 . 7)
= Log 2 + Log 3 + Log 7
= 0,301 + 0,477 + 0,845
= 1,623
3log 7 = Log 7 / Log 3
= 0,845 / 0,477
= 1,771
3log 7 = Log 21 / Log 2
= (Log 3 + Log 7) / Log 2
= ( 0,477 + 0,845) / 0,301
= 0,845 / 0,477
= 4,392
Log 0,18 = Log 18/100
= Log 18 - Log 100
= Log 9 + Log 2 - Log 100
= (2 Log 3) + Log 2 - 2
= 0,954 + 0,301 - 2
= - 0,745
Demikian uraiannya semoga dapat menjawab pertanyaan yang sudah dilayangkan mengenai bagaimana cara menghitung logaritma. Untuk kesekian kali dalam rentang waktu 2 tahun belakangan Kemendikbud Indonesia sudah mengeluarkan beberapa Permendikbud tentang pedoman penilaian. Permendikbud nomor 104 tahun 2014 yang telah di tandatangani oleh mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Bp. M Nuh.
Perbedaan yang mendasar dengan peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan sebelumnya yang berisi tentang pedoman penilaian, yakni Permendikbud nomor 66 th 2013 tentang standar dari penilaian, Permendikbud nomor 81A th 2013 tentang implementasi kurikulum 2013 dan yang terakhir Permendikbud no 59 th 2014 tentang kurikulum 2013 SMA/MA yang di sahkan tanggal 2 Juli 2014, adalah pada rentangan nilai dan juga penulisan angka pada rapor.
Permendikbud nomor 104 tahun 2014 tentang pedoman mengenai penilaian pada kurikulum 2013 ini sudah bisa di pakai sejak diundang-undangkan tgl 8 Oktober 2014. Dengan berlakunya Peraturan ini semua ketentuan yang menyangkut Penilaian Hasil Belajar jenjang pendidikan dasar dan juga menengah yang sudah ada sebelum Peraturan Menteri ini berlaku, tetap berlaku jika tidak bertentangan dengan ketentuan yang ada di dalam Peraturan Menteri ini. Kemudian, semua ketentuan yang menyangkut tentang Rapor yang ada sebelum Peraturan Menteri ini berlaku, diwajibkan menyesuaikan Peraturan Menteri ini selambat-lambatnya 1 (satu) tahun.
Download Permendikbud 104 nomor 2014 yang admin dapat dari laman resmi kemdikbud, berikut linknya :
Untuk beberapa hal yang mungkin saja berbeda dari permen sebelumnya adalah pada cara perolehan nilai, rentangan nilai dan juga penulisan rapor.
Nilai akhir yang dapat di peroleh untuk ranah sikap dapat di ambil dari nilai modus. Nilai akhir untuk ranah pengetahuan di ambil dari nilai rata-rata. Nilai akhir dalam ranah keterampilan di ambil dari nilai tertinggi yang dicapai.
Kemudian pada format rapor sebelumnya penulisan angka pengetahuan dan juga keterampilan di tulis dengan angka yang merupakan sebuah hasil konversi. Untuk yang sekarang ini, merujuk pada per mendikbud no 104 tahun 2014 untuk penulisan angka dirapor adalah capaian real siswa. Misal siswa mendapat nilai 3,21 tetap di cantumkan 3,21 tanpa di konversi.
Perbedaan lain nya adalah pada rentangan nilai. Berikut tabel rentangan nilai dan konversi skor ke predikat
Demikian artikel mengenai Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014, selamat membaca dan terima kasih sudah berkunjung. RPP Matematika SMA Kurikulum 2013, tahun pelajaran 2014-2015 menggunakan kurikulum 2013 yang serentak di laksanakan diseluruh sekolah. Untuk tingkat SMA, kurikulum 2013 di berlakukan bagi kelas 10 dan kelas 11. Sedang untuk kelas 12 masih tetap memakai KTSP 2006.
Elemen perubahan kurikulum 2013 terletak pada kompetensi lulusan, proses, materi dan juga penilaian.Berikut penjelasan singkatnya:
Perubahan yang terletak pada kompetensi lulusan merupakan konstruksi holistik, di dukung oleh semua mata pelajaran, terintegrasi secara horisontal dan vertikal.
Perubahan materi di kembangkan secara kompetensi sehingga dapat memenuhi aspek kecukupan dan kesesuaian, serta dapat mengakomodasi konten lokal hingga internasional.
Perubahan terhadap penilaian mencakup tes dan juga non tes atau porto folio, menilai dari proses dan juga output dengan sistem authentic assessment, rapor siswa memuat penilaian secara kuantitaif tentang pengetahuan dan juga deskripsi kualitatif yang mencakup ketrampilan dan sikap.
Setiap tenaga pengajar disetiap satuan pend. berkewajiban untuk menyusun RPP untuk setiap mata pelajaran yang diampunya. Pengembangan dari RPP itu sendiri dapat di lakukan pada awal semester / awal thn pelajaran, dengan tujuan agar RPP tersedia terlebih dahulu dalam tiap awal pelaksanaan proses pembelajaran. Pengembangan RPP yang di lakukan guru secara kelompok melalui MGMP antar wilayah/sekolah di koordinasikan dan di supervisi oleh pengawas ataupun dinas pendidikan.
Komponen RPP Identitas sekolah, mata pelajaran, kelas,
materi pokok
Alokasi waktu (merujuk silabus, dapat direkonstruksi sesuai program semester/tahunan)
Tujuan pembelajaran, Kompetensi inti dan/atau Kompetensi Dasar –indikator Pencapaian
Materi pembelajaran, Metode Pembelajaran
Media, Alat, dan Sumber Belajar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Demikian postingan mengenai RPP Matematika SMA kurikulum 2013 untuk kelas X dan kelas XI. Dengan adanya contoh RPP Matematika ini dapat sedikit memberikan gambaran mengenai cara pembuatan RPP seperti yang sudah di amanatkan didalam kurikulum 2013 sehingga guru-guru dapat mengembangkan RPP matematika sesuai dengan kreatifitas dan juga kondisi sekolah masing-masing.
NILAI DASAR LOGARITMA DAN AKURASI PERHITUNGAN
Berikut 4 nilai yang kemudian akan kita sebut sebagai "nilai dasar logaritma".- Log 2 = 0,301
- Log 3 = 0,477
- Log 5 = 0,699
- Log 7 = 0,845
Contoh Penghitungan Logaritma 1. Hitung nilai dari log 10!
Kita tau nilai log 10 = 1. dengan menggunakan nilai log diatas kita akan membuktikannya
Log 10 = Log (2 . 5)
= Log 2 + Log 5
= 0,301 + 0,699 = 1
2. Hitung nilai dari log 101000 !
101000 = 1000 . Log 10
= 1000 . Log (2 . 5)
= 1000 . (Log 2 + Log 5)
= 1000 . (0,301 + 0,699) = 1000
Contoh Soal Logaritma dan pembahasannya
- Hitung nilai Log 42 !
Log 42 = Log (2 . 3 . 7)
= Log 2 + Log 3 + Log 7
= 0,301 + 0,477 + 0,845
= 1,623
- Hitung nilai dari 3log 7 !
3log 7 = Log 7 / Log 3
= 0,845 / 0,477
= 1,771
- Hitung nilai dari 2log 21 !
3log 7 = Log 21 / Log 2
= (Log 3 + Log 7) / Log 2
= ( 0,477 + 0,845) / 0,301
= 0,845 / 0,477
= 4,392
- Hitunglah nilai dari Log 0,18 !
Log 0,18 = Log 18/100
= Log 18 - Log 100
= Log 9 + Log 2 - Log 100
= (2 Log 3) + Log 2 - 2
= 0,954 + 0,301 - 2
= - 0,745
Demikian uraiannya semoga dapat menjawab pertanyaan yang sudah dilayangkan mengenai bagaimana cara menghitung logaritma. Untuk kesekian kali dalam rentang waktu 2 tahun belakangan Kemendikbud Indonesia sudah mengeluarkan beberapa Permendikbud tentang pedoman penilaian. Permendikbud nomor 104 tahun 2014 yang telah di tandatangani oleh mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Bp. M Nuh.
Perbedaan yang mendasar dengan peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan sebelumnya yang berisi tentang pedoman penilaian, yakni Permendikbud nomor 66 th 2013 tentang standar dari penilaian, Permendikbud nomor 81A th 2013 tentang implementasi kurikulum 2013 dan yang terakhir Permendikbud no 59 th 2014 tentang kurikulum 2013 SMA/MA yang di sahkan tanggal 2 Juli 2014, adalah pada rentangan nilai dan juga penulisan angka pada rapor.
Permendikbud nomor 104 tahun 2014 tentang pedoman mengenai penilaian pada kurikulum 2013 ini sudah bisa di pakai sejak diundang-undangkan tgl 8 Oktober 2014. Dengan berlakunya Peraturan ini semua ketentuan yang menyangkut Penilaian Hasil Belajar jenjang pendidikan dasar dan juga menengah yang sudah ada sebelum Peraturan Menteri ini berlaku, tetap berlaku jika tidak bertentangan dengan ketentuan yang ada di dalam Peraturan Menteri ini. Kemudian, semua ketentuan yang menyangkut tentang Rapor yang ada sebelum Peraturan Menteri ini berlaku, diwajibkan menyesuaikan Peraturan Menteri ini selambat-lambatnya 1 (satu) tahun.
Download Permendikbud 104 nomor 2014 yang admin dapat dari laman resmi kemdikbud, berikut linknya :
- Permendikbud no 104 Tahun 2014
- Lampiran Permendikbud no 104 Tahun 2014
Untuk beberapa hal yang mungkin saja berbeda dari permen sebelumnya adalah pada cara perolehan nilai, rentangan nilai dan juga penulisan rapor.
Nilai akhir yang dapat di peroleh untuk ranah sikap dapat di ambil dari nilai modus. Nilai akhir untuk ranah pengetahuan di ambil dari nilai rata-rata. Nilai akhir dalam ranah keterampilan di ambil dari nilai tertinggi yang dicapai.
Kemudian pada format rapor sebelumnya penulisan angka pengetahuan dan juga keterampilan di tulis dengan angka yang merupakan sebuah hasil konversi. Untuk yang sekarang ini, merujuk pada per mendikbud no 104 tahun 2014 untuk penulisan angka dirapor adalah capaian real siswa. Misal siswa mendapat nilai 3,21 tetap di cantumkan 3,21 tanpa di konversi.
Perbedaan lain nya adalah pada rentangan nilai. Berikut tabel rentangan nilai dan konversi skor ke predikat
Demikian artikel mengenai Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014, selamat membaca dan terima kasih sudah berkunjung. RPP Matematika SMA Kurikulum 2013, tahun pelajaran 2014-2015 menggunakan kurikulum 2013 yang serentak di laksanakan diseluruh sekolah. Untuk tingkat SMA, kurikulum 2013 di berlakukan bagi kelas 10 dan kelas 11. Sedang untuk kelas 12 masih tetap memakai KTSP 2006.
Elemen perubahan kurikulum 2013 terletak pada kompetensi lulusan, proses, materi dan juga penilaian.Berikut penjelasan singkatnya:
Perubahan yang terletak pada kompetensi lulusan merupakan konstruksi holistik, di dukung oleh semua mata pelajaran, terintegrasi secara horisontal dan vertikal.
Perubahan materi di kembangkan secara kompetensi sehingga dapat memenuhi aspek kecukupan dan kesesuaian, serta dapat mengakomodasi konten lokal hingga internasional.
Perubahan terhadap penilaian mencakup tes dan juga non tes atau porto folio, menilai dari proses dan juga output dengan sistem authentic assessment, rapor siswa memuat penilaian secara kuantitaif tentang pengetahuan dan juga deskripsi kualitatif yang mencakup ketrampilan dan sikap.
Setiap tenaga pengajar disetiap satuan pend. berkewajiban untuk menyusun RPP untuk setiap mata pelajaran yang diampunya. Pengembangan dari RPP itu sendiri dapat di lakukan pada awal semester / awal thn pelajaran, dengan tujuan agar RPP tersedia terlebih dahulu dalam tiap awal pelaksanaan proses pembelajaran. Pengembangan RPP yang di lakukan guru secara kelompok melalui MGMP antar wilayah/sekolah di koordinasikan dan di supervisi oleh pengawas ataupun dinas pendidikan.
Komponen RPP Identitas sekolah, mata pelajaran, kelas,
materi pokok
Alokasi waktu (merujuk silabus, dapat direkonstruksi sesuai program semester/tahunan)
Tujuan pembelajaran, Kompetensi inti dan/atau Kompetensi Dasar –indikator Pencapaian
Materi pembelajaran, Metode Pembelajaran
Media, Alat, dan Sumber Belajar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Berikut RPP Matematika SMA kurikulum 2013 untuk Kelas X dan Kelas XI
RPP Matematika SMA Kelas X Wajib
- RPP Peluang.doc
- RPP Statistika.docx
- RPP Penyajian Data.docx
- RPP Limit Fungsi2.docx
- RPP Limit Fungsi.docx
- RPP Geometri.docx
- RPP Trigonometri2.docx
- RPP Trigonometri.docx
- RPP Persamaan Kuadrat.docx
- RPP Menemukan Konsep Fungsi Kuadrat.docx
- RPP Barisan Aritmetika.docx
- RPP Relasi dan Fungsi.docx
- RPP Matriks.docx
- RPP Sistem Persamaan Linier.docx
- RPP Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak2.docx
- RPP Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak.docx
- RPP Eksponen dan Logaritma.docx
- RPP Eksponen bulat positif, negatif dan nol.docx
RPP Matematika SMA Kelas XI Wajib
- RPP Integral.docx
- RPP Turunan.docx
- RPP Transformasi.docx
- RPP Lingkaran.docx
- RPP Peluang.docx
- RPP Aturan Perkalian.docx
- RPP Statistika.docx
- RPP Deret Tak Hingga.docx
- RPP aturan sinus.docx
- RPP Garis Sejajar.doc
- RPP Determinan dan Invers Matriks.docx
- RPP Fungsi Komposisi.docx
- RPP Fungsi Invers.docx
- RPP Program linear.docx
Demikian postingan mengenai RPP Matematika SMA kurikulum 2013 untuk kelas X dan kelas XI. Dengan adanya contoh RPP Matematika ini dapat sedikit memberikan gambaran mengenai cara pembuatan RPP seperti yang sudah di amanatkan didalam kurikulum 2013 sehingga guru-guru dapat mengembangkan RPP matematika sesuai dengan kreatifitas dan juga kondisi sekolah masing-masing.
0 Response to "√Cara Menghitung Logaritma Lengkap Kuncinya"
Posting Komentar