√Rumus Luas Balok Dan Rumus Volume Balok Lengkap Kuncinya

Rumus Luas Balok dan Rumus Volume Balok


Rumus Luas Balok – Pengertian Bangun Ruang menurut pakar Matematika ialah sebuah bangun ruang tiga dimensi yg telah dibentuk oleh tiga buah pasang persegi dan persegi panjang dg pasang diantaranya saling berbeda satu sama lain. Rumus Matematika Balok sendiri telah memiliki 6 sisi, 12 buah rusuk dan 8 buah titik sudut, sedangkan untuk Balok yg dibentuk oleh enam buah persegi sama dan sebangun disebut juga sebagai kubus.

Sedangkan untuk Rumus Balok sendiri mempunyai tiga turunan Rumus Matematika yg terbagi antara lain Rumus Luas Permukaan Balok, Rumus Volume Balok dan Rumus Panjang Diagonal Balok. Ketiga Rumus Bangun Ruang Balok tersebut sangat penting sekali di pahami dan di ingat oleh anda karena banyak soal – soal menghitung luas, volume dan diagonal balok yg muncul di berbagai ujian sekolah UAS maupun UN di tingkatan SMP dan SMA.

Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Balok Matematika

rumus luas balok dan rumus volume balok

Disini kita akan membahas tentang Rumus Luas Balok & Rumus Volume Balok terlebih dahulu dan jike anda lihat contoh gambar Bangun Ruang Balok diatas maka permukaan sisi balok bagian depan nya ialah ABCD, Permukaan Sisi Belakang ialah EFGH, Permukaan Sisi Atas AEHD, Permukaan Sisi Bawah BFGC, Permukaan Sisi Ujung Kiri ialah ABFE dan Permukaan Sisi Ujung kanan ialah DCGH. Sedangkan Unsur – Unsur yg dimiliki oleh Sebuah Balok antara lain

Ada 3 pasang sisi yg kongruen atau sama, Mempunyai 8 buah titik sudut dan 12 rusuk, Memiliki 4 Diagonal Ruang, 6 Bidang Diagonal dan 4 Diagonal Sisi. Ingat jika anda mengetahui Sifat Permukaan dan Unsur – Unsur yg ada di Rumus Balok maka anda akan lebih mudah untuk memahaminya, untuk itu anda bisa lihat penjelasan dari kami tentang Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan dan Volume Balok dibawah ini.


Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan Balok

Rumus Luas Balok tidak terlepas dari panjang (p), Lebar (l) dan tinggi (t) Balok karena p, l dan t itu ialah Rusuk dari Bangun Ruang Balok itu sendiri, sedangkan untuk Rumus Menghitung Luas Balok bisa anda lihat dibawah.

L = 2 ( p.l + p.t + l.t )

Cara Menghitung Rumus Volume Balok

Untuk Rumus Menghitung Volume Balok jg masih menggunakan nilai sebuah Panjang (p), Lebar (l) dan Tinggi (t) Balok, dg Rumus Volume Balok seperti dibawah ini.

V = P.l.t

Sedangkan untuk Rumus Keliling Balok ialah Jumlah dari semua ukuran Rusuk Bangun Ruang Balok tersebut.

K = 4 ( p + l + t )

Contoh Soal Matematika Balok

Sebuah Bangun Ruang Balok memiliki ukuran panjang 500 cm, lebar 5 cm dan tinggi 10 cm maka tolong hitunglah Luas Balok, Volume Balok dan Keliling Balok tersebut.

Jawaban.

jawaban soal matematika balok

Mungkin sampai disini penjelasan yg bisa kami sampaikan kepada anda tentang Cara mencari nilai Rumus Luas Balok, Rumus Volume Balok dan Rumus Keliling Balok. Semoga saja penjelasan Rumus Balok kami yg sederhana ini dapat memberikan ilmu tambahan yg berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya.


Rumus Luas Prisma dan Rumus Volume Prisma


Rumus Luas Prisma – Rumus Matematika Prisma merupakan bangun ruang yg berbentuk tiga dimensi dan dibatasi oleh suatu alas dan tutup yg berbentuk segi dan sisi tegak berbentuk persegi atau persegi panjang. Didalam dunia Geometri pengertian Bangun Ruang Prisma ialah bangun ruang yg memiliki penampang melintang dlm bentuk dan ukuran yg hampir selalu sama. Lalu untuk Prisma dg Alas dan Tutup yg berbentuk persegi maka disebut dg Balok sedang Prisma dg Alas serta Tutup berbentuk Lingkaran maka disebut Tabung.

Untuk itu anda jangan sampai lupa kesimpulan dari Rumus Menghitung Prisma ini karena yg paling penting ialah mengetahui nilai suatu Alas dan Tutup Prisma itu sendiri. Rumus Matematika Prisma dibagi menjadi dua turunan rumus yg antara lain Rumus Luas Prisma dan Rumus Volume Prisma, kemudian kedua Rumus Prisma tersebut tidak bisa dipisahkan dari Alas dan Tutupnya.

Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma

rumus luas prisma dan rumus volume prisma

Disini kami akan membahas dan menjelaskan kepada anda secara lengkap dan detail tentang Cara Menghitung Rumus Luas Prisma danI Rumus Volume Prisma karena jika anda seorang siswa atau siswi sekolah SMA atau SMP maka anda akan banyak menemui Soal Matematika Tentang Prisma baik di Ujian Sekolah maupun UN dan UAS sehingga sangat penting kalau anda harus mengerti akan Rumus Prisma ini.

Rumus Luas Permukaan Prisma

Perlu diingat bahwa Rumus Luas Permukaan Prisma dan Rumus Luas Prisma itu sama pengertiannya sehingga anda harus jangan terkecoh akan hal ini. Rumus Luas Permukaan Prisma ialah L = Luas Alas + Luas Tutup + Luas Selimut dan untuk besaran Luas Alas dan Luas Tutup sama maka dapat disimpulan seperti dibawah ini.


Luas Prisma = 2 x Luas Alas + Luas Selimut (Selubung).

Rumus Volume Prisma

Kemudian untuk Rumus Volume Prisma sangat sederhana sekali karena hanya Luas Alas x Tinggi saja dan lebih lengkapnya bisa anda lihat dibawah.

V = Luas Alas x Tinggi

Contoh Soal Matematika Prisma

contoh soal matematika tentang prisma

Contoh Soal Matematika Tentang Luas dan Volume Prisma diatas mudah – mudahan bisa memudahkan anda dlm memahami Rumus Luas Prisma dan Rumus Volume Prisma yg sudah kami jelaskan kepada anda sehingga jika anda menemui Soal – Soal Prisma didalam Ujian Sekolah maupun Ujian Uas maka anda sudah dapat mengerjakanya dg mudah.


Cara Menghitung Rumus Diagonal Sisi Kubus


Rumus Diagonal Sisi Kubus – Pengertian Bangun Ruang Kubus ialah merupakan Bangun Ruang yg memiliki bentuk tiga dimensi yg telah dibatasi oleh enam bidang sisi sisinya dan sisi tersebut berbentuk kongruen atau berbentuk bujur sangkar. Kemudian Bangun Ruang Kubus bisa jg disebut dg bidang enam beraturan yg berbentuk mirip dg Prisma Segi empat dan untuk Diagonal Sisi – Sisi Kubus ini biasanya digunakan untuk menghitung jumlah sisi yang ada.

Biasanya didalam Soal Matematika Kubus diterangkan bahwa untuk mencari dan menghitung Diagonal Sisi dan Ruang Kubus diperlukan suatu data atau jumlah nilai yang falid karena kebanyakan jumlah nilai tersebut hampir sama. Soal Matematika Kubus dg menggunakan Rumus Diagonal Sisi Kubus dan Rumus Diagonal Ruang Kubus biasanya terdapat di setiap Ujian UN maupun UAS tingkatan SMA dan SMP sehingga anda perlu memahami Rumus Diagonal Kubus ini.

Ingat bahwa Rumus Kubus itu terbagi dari 4 jumlah turunan yg sudah paten, ke empat Rumus Matematika Kubus tersebut ialah Rumus Luas Permukaan Kubus, Rumus Volume Kubus, Rumus Diagonal Sisi Kubus dan Rumus Diagonal Ruang Kubus. Tetapi untuk Rumus Menghitung Luas dan Volume Kubus sudah dijelaskan oleh kami kemarin sehingga sekarang kami akan membahas Rumus Menghitung Diagonal Sisi dan Ruang Kubus dibawah ini.

Rumus Diagonal Sisi Kubus dan Rumus Diagonal Ruang Kubus

rumus diagonal sisi kubus dan rumus diagonal ruang kubus

Gambar diatas merupakan salah satu gambar yg mengekpose dimana letak diagonal sisi dan ruang kubus tersebut berada karena jika anda lihat garis berwarna merah pd gambar diatas tersebut ialah Diagonal Sisi kubus dan untuk garis berwarna hijau ialah diagonal ruang kubus dan untuk Rumus Diagonal Menghitung Sisi dan Ruang Kubus bisa anda lihat penjelasanya dibawah ini.


Rumus Diagonal Sisi Kubus

Ds = s√2

Diagonal Sisi Kubus ialah ruas garis yg saling menghubung dua titik dari sudut yg berhadapan disetiap bidang atau sisi kubus dan anda harus selalu ingat bahwa kubus memiliki 6 bidang sisi dan 12 merupakan diagonal sisinya.

Rumus Diagonal Ruang Kubus

Dr = s√3

Sedangkan untuk Diagonal Ruang Kubus merupakan salah satu ruas garis yg menghubungkan dua titik sudut yg saling berhadapan dlm suatu ruang didalam kubusnya.

Contoh Soal Matematika Diagonal Kubus

1. Diketahui Bangun Ruang Kubus memiliki panjang rusuk 10 cm, hitunglah Diagonal Sisi Kubus dan Diagonal Ruang Kubusnya.

Jawabanya.

Rumus Menghitung Diagonal Sisi Kubus

Ds = s√2

Ds = 10√2

Rumus Menghitung Diagonal Ruang Kubus

Dr = s√3

Dr = 10√3

Seperti itulah penjelasan yg dapat kami berikan kepada anda tentang Cara Menghitung Rumus Diagonal Sisi dan Ruang Kubus yg sudah kami lengkapi sekalian dg Contoh Soal Matematika Kubus nya sehingga bisa memudahkan anda dlm memahami Rumus Diagonal Kubus tersebut.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√Rumus Luas Balok Dan Rumus Volume Balok Lengkap Kuncinya"

Posting Komentar